» » TENANG SEJAK PUNYA KARTU BPJS KESEHATAN





Sriwijaya Radio- Palembang . Sejak di hadirkan oleh pemerintah, BPJS Kesehatan langsung menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk memiliki asuransi sebagai jaminan kesehatan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang antusias mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan di beberapa kantor-kantor BPJS Kesehatan yang tersebar di semua wilayah Indonesia.

BPJS Kesehatan hadir 1 Januari 2014 memang membawa perubahan baru bagi masyarakat Indonesia, walaupun banyak yang menganggap masih memiliki kelemahan. Tetapi pemerintah terus berupaya menjadikan asuransi plat merah ini menjadi lebih baik untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat mulai dari pelayanan hingga fasilitas. 

Muhammad karim (45), warga jalan Kompral Amin 1.  Ia mengaku saat anaknya M Alif Ibrahim (7) sakit dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit, dia tidak perlu mengeluarkan uang tabungan untuk membayar biaya perobatan sebab sudah di tanggung oleh BPJS Kesehatan. “ anak saya  yang kecil bulan Januari, tahun 2015, selama tujuh hari dirawat di RS Bayangkara karena DBD, selama dirawat mendapatkan pelayanan yang baik, senangnya pas sehat dan diperbolehkan pulang, saya tidak mengeluarkan uang sama sekali” katanya.

Kemudahan dan ke baikan BPJS Kesehatan juga di rasakan oleh Megawati (43), warga jalan Perdamaian, Sukabakti II, Rt 52 Sukarami Palembang. , saat anaknya yang nomor dua Feti Asmery (19) harus dioperasi karena mengalami  kelainan jantung di RS Cipto Mangun Kusumo, selama tujuh hari dirinya tidak terlalu gusar untuk mempersiapkan biaya operasi yang mahal, semuanya sudah di tanggung oleh BPJS Kesehatan. “ waktu itu saya bingung pas tau anak saya harus di operasi di RS Cipto Mangun Kusumo, Jakarta,  kan belum pernah menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan takut sekali , soalnya banyak yang bilang susah mendapatkan pelayanan sampai ada selisih biaya, pas berangkat ke Jakarta sempat meminjam uang dengan kerabat untuk pegangan semisal ada biaya, tetapi saat selesai operasi dan diperbolehkan pulang luar biasa leganya, karena biaya yang mahal itu ditanggung semua oleh BPJS Kesehatan, kebetulan kita peserta kelas I, saat dirawat juga anak saya mendapatkan fasilitas sama” jelasnya.

Munculnya program pelayanan kesehatan terbaru , Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan asuransi murah ini membuat Opie Anisah ( 38) salah satu pegawai  swasta, warga jalan Demang Lebar Daun Palembang senang, pasalnya perusahannya mendaftarkan semua karyawan menjadai peserta BPJS Kesehatan, karena wajib dilakukan. “ saya ini sudah 16 tahun bekerja sebagai staf keuangan tidak ada jaminan kesehatan dari perusahaan saya, alasan pimpinan asuransi wasta mahal, perusahaan tidak mampu membayar iuran tiap bulan yang besar, jadi kalau kami sakit perusahaan meminjamkan uang tetapi harus di bayar” jelasnya.


Hal senada juga di ungkapkan oleh Farid (28) salah satu karyawan pengolahan minyak sawit di Palembang, ia mengaku selama ini perusahaannya menjamin kesehatan karyawan ke salah satu asuransi swasta, tetapi hanya karyawan saja  sementara keluarga seperti istri, suami, atau anak tidak di jamin asuransi kesehatannya.” Sekarang anak istri merasa jadi bagian perusahaan sejak masuk dalam BPJS Kesehatan perusahaan” katanya

Kelebihan dari BPJS Kesehatan adalah biaya iuran yang murah dan bisa di jangkau oleh masyarakat juga pemilik usaha, tetapi meski murah masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan yang baik dan fasilitas bagus di rumah sakit milik pemerintah atau juga swasta yang menjadi mitra BPJS Kesehatan. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang Diah Sofiawati, S.Si, Apt, mengatakan  semua biaya perawatan pasien peserta BPJS Kesehatan akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, asalalkan digunakan sesuai dengen kelasnya. “ semua akan ditanggung asalkan  sesuai peraturan, dan , tetapi semisal si pasien adalah peserta BPJS Kesehatan kelas tiga tetapi memilih ruangan di rumah sakit kelas dua atau lainnya, ya selisihnya harus bayar pribadi. Jelasnya. C’Mar


About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama