Header Ads

B.P.KLINIK MARISA MELAYANI PESERTA BPJS kESEHATAN SEPENUH HATI



Sriwijaya Radio-Palembang. Indonesia terus berbenah untuk urusan pelayanan kepada masyaraktnya terutama bidang kesehatan.  Sebelumnya beberapa daerah di Indonesia mulai menerapkan sistem berobat gratis, yang semua biayanya di tanggung oleh pemerintah, terutama bagi warga miskin  tidak mampu, dengan cara mengurus surat-surat dari tingkat RT hingga Kecamatan. Tetapi ketika berobat tidak semua rumah sakit atau balai pengobatan bisa menerima pasien warga miskin.  Atas hal itulah untuk  memudahkan masyarakat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebaih baik lagi, Pemerintah sejak 1 Januari 2014  resemi memberlakukan sistem Jaminan Sosial terbaru atau JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional) dengan BPJS ( Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial) sebagai badan penyelenggaranya yang kinerjanya nanti diawasi oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).
Karena ini bersistem asuransi tentunya akan ada iuran yang harus di bayar setiap bulannya, pertanyaannya bagaimana bagi masyarakat yang tidak mampu, untuk hal ini pemerintah membuat kebijakan lainnya yaitu membantu semua iuran masyarakat miskin dengan Penerima Bantuan Iuran, karena sesuai dengan UU No 40 tahun 2004, tentang sistem Jaminan Sosial Nasional, dengan adanya JKN maka seluruh masyarakat Indonesia akan dijamin kesehatannya, dan juga kepesertaanya bersifat wajib tidak terkecuali  masyarakat yang kurang mampu.
Sejak digulirkannya progjam JKN oleh pemerintah banyak sudah rumah sakit dan balai pengobatan di kota Palembang yang menjadi mitra, salah satunya adalah Balai Pengobatan dan Klinik Marisa yang sudah dua tahun menjadi mitra membantu pemerintah mensukseskan program JKN. Kepala B.P. Klinik Marisa, dr Febrini Damayanti, mengatakan kalau awalnya mereka enggan  menjadi mitra dari BPJS kesehatan untuk mensukseskan program JKN ini, alasan takut merasa dirugikan dan hanya dimanfaatkan oleh pemerintah.  Tetapi seiring berjalan waktu dirinya menggap bahwa program JKN ini sangat menguntungkan baik untuk kliniknya dan juga masyarakat. Bahkan sejak menjadi mitra BPJS Cabang Utama Palembang, B.P Klinik Marisa, yang beralamat di jalan Kapten Abdullah No.1212 Plaju, setiap bulan menerima ribuan pasien peserta BPJS Kesehatan, dan melayani dengan sepenuh hati layaknya pasien umum. “ jujur  sejak kami menjadi mitra BPJS Kesehatan, kami merasa menjadi dokter seutuhnya, karena bisa langsung lebih dekat dengan masyarakat, dan pasien peserta BPJS Kesehatan bisa selalu terus dikontrol perkembangan kesehatannya dengan home care”, Ujarnya. Ia juga mengaku dalam bisnis kesehatan ini tidak selalu mengutamakan keuntungan, karena setelah melakukan home care setiap hari Jumat dirinya bersama dokter lain dari B.P Kelnik Marisa, selalu menemukan hal-hal yang menggugah perasaan sebagai seorang manusia. “ setiap hari Jumat kita keliling mbak untuk home care, kita mendatangi rumah pasien kita untuk mengontrol perkembangan kesehatannya, kadang rumah mereka jauh, terus banjir, bahkan   ada yang tidak layak huni, nah disini kita menjadi tau bahwa profesi dokter itu sangat diperlukan bagi mereka, BPJS kesehatan kan hanya membantu biaya berobat mereka, tetapi tidak untuk ongkos mereka dateng ke klinik, jadi dengan mengunjungi mereka kita bsia mengontrol perkembangannya,” katanya. Ia juga mengungkapkan kalau saat melakukan home care ini penuh suka dan duka, pernah saat mengunjungi rumah pasien tidak dibukakan pintu karena dikira oleh si pemilik rumah penjual obat-obatan,” kita pernah tidak dibukakan pintu karena pemilik rumah mengira kita penjual obat-obatan keliling, tetapi ketika kita menjelaskan kalau adalah tenaga medis yang melakukan pemeriksaan baru mereka menerima kita, bahkan ada yang langsung menangis kita datangi karena tidak disangka akan dikunjungi dokter” ungkapnya. Menurutnya selama menjadi mitra BPJS Kesehatan  ia belum pernah merasa dirugikan, karena BPJS Kesehatan selalu tepat waktu untuk melakukan pembayaran, selain itu juga program JKN  dianggapnya sebagai program kesehatan yang sangat bagus untuk menyehatkan masyarakat Indonesia.C’Mar

Diberdayakan oleh Blogger.