» » MASIH ADA 14 HOTSPOT DI SUMSEL

Sriwijaya Radio, Palembang - Terpantau, masih ada 14 titik api yang ada di kawasan Sumsel. Dari jumlah itu, di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terdapat 12 titik, sedangkan dua lagi berada di Banyuasin dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Wakil Komandan Posko Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) Sumsel H Yulizar Dinoto menyebutkan, data dari BMKG yang menggunakan satelit Terra Aqua, terdapat 14 titik yang tersebar di Kabupaten OKI 12 titik, Banyuasin satu titik dan OKU Selatan satu titik. Sedangkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada di level 14 (kategori sedang) dari BLH, jarak pandang 8 Km (pukul 16.00) dan suhu 34 derajat celsius.

"Cuaca di Sumsel umumnya berawan. Untuk kadar udara, BLH menilainya sedang. Itu artinya tidak berbahaya," katanya, Senin (9/11/2015).

Dengan semakin kecilnya titik api, tetapi operasi pemadaman api masih terus dilakukan baik melalui jalur darat maupun udara. Termasuk sejumlah helikopter dan pesawat dikerahkan untuk operasi pemadaman api.

"Setiap heli, kita kerahkan ke lokasi titik api dengan lokasi dan sasaran pemadaman," kata Yulizar.

Operasi udara dengan Helikopter Bolkow ditugasi memadamkan api di area Palembang dan Ogan Ilir, Helikopter Mi-18 (Selapan, OKI), Helikopter Mi-17 ke Air Sugihan (OKI), dan Helikopter Puma di Pedamaran OKI.

Sementara, untuk pemadaman dengan pesawat tetap dipakai pesawat Air Tracktor dengan wilayah operasi Banyuasin. Sementara pesawat Amphibi BE-200 ke Air Sugihan, OKI.

"Khusus untuk operasi hujan buatan atau TMC, kita masih pakai pesawat Cassa 212," katanya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

Kejuaraan kanoe di JSC beberapa waktu lalu
masih diselimuti asap

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: