» » MENGENANG 20 TAHUN BANG BEN




































“Muke Gile Lu” , “Kingkong Lu Lawan”. Si pencetus kata-kata lucu itu,  hari ini 5 September 2015, genap 20 tahun meninggalkan kita, begitu banyak karya-karyanya yang luar biasa.  Bahkan si  “Babe” panggilan akrab Benyamin di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, benar-benar lekat di hati pencintanya.  Maklum saat ini tak banyak seniman yang menonjolkan kelucuan cerdas tetapi tetap berpegang teguh dan melestarikan budaya. Benyamin S, lahir tanggal 5 maret 1939, di kampung Kemayoran, Jakarta Pusat, dan meninggal tanggal 5 September 1995. Bang Ben  memang merupakan sosok seniman yang luar biasanya dan berjasa untuk kemajuan budaya Betawi, ditangannya budaya betawi benar-benar dijaga dan dilestarikan, dalam dirinya  jiwa seni  sangat kental sedikitnya 75 album musik dan 53 judul film ia bintangi.
Berbekal kesederhanaan dan gaya yang khas membuat  Bang Ben  tampil dengan cirinya sendiri, kata-katanya kerap dijadikan celetukan lucu komedian masa kini. “ susahlah nak nyari seniman pecak dio, selain punyo gaya dewek, Benyamin S itu memang artis fenomenal yang dipunyoi Indonesia, bahkan celetoan dio sampe mak ini ari idak basi, masih pacak di pakek kami-kami seniman lokal” ujar Cek Daus, komedian asal Palembang. 


 Daus juga mengatakan saat ini Sosok Benyamin belum tergantikan.  Ia juga berharap seniman ataupun komedian memiliki perasaan yang sama seperti Benyamin, yaitu berkarya dan berkesenian dengan memajukan budaya. “kalo biso Plembang jugo punyo seniman cak Benyamin” harapnya.  " kalo menurut aku sosok Benyamin S itu inspirasi segalo uwong,apolagi para pelaku seni pecak kami, pokoknyo Benyamin itu dak tegantike" jelas Cek Mila yang jugo merupoke seniman lokal Asal Palembang, yang saat ini juga merindukan seorang seniman hebat seperti Bang ben.

Sementara hal yang sama juga di ungkapkan beberapa pencinta Benyamin S di Palembang, menurutnya 20 tahun merupakan waktu yang lama, tetapi karya-karya Bang Ben tetep asyik di dengar, celetukan lucunya, bahkan lagu-lagu jadulnya. “ sampe mak ini ari be kadang kami masih seneng nonton film Benyamin S soalnyo lucu” ujar Rudi salah satu pencinta karya Bang Ben asal Palembang.  C'Mar




About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama