» » MALAYSIA JAJAL INVESTASI DI PALEMBANG

Sriwijaya Radio, Palembang - Setelah sebelumnya menggelar pertemuan dengan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, rombongan Kementerian Perdagangan Antarabangsa dan Industri Malaysia melakukan kunjungan ke kantor Setda Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Selasa (23/6). Kunjungan dan pertama kalinya dilakukan pihak negara tetangga tersebut, sebagai upaya untuk menjajal investasi yang mungkin bisa dilakukan pihak Malaysia di Palembang.

Rombongan ini dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan Antarabangsa dan Industri Malaysia Yang Berhormat Dato Seri Mustapa Mohamed atau yang disapa Dato Pa. Pihak Malaysia mulai melirik sektor perkebunan di Palembang yang dinilainya cukup bergairah dan dapat dikembangkan oleh banyak investor negeri jiran tersebut.

Selama inipun, dikatakannya Dato Pa, nilai investasi yang telah dilakukan sejumlah investor Malaysia di Palembang mencapai 15 Miliar dollar Amerika khususnya di sektor perkebunan. "Ini pertama kalinya saya ke Palembang. Kerjasama langsung dengan pemerintah disini baru akan kita mulai, kita akan lihat dulu potensi besar apa yang bisa kita kembangkan selanjutnya. Nanti dipastikan ada pertemuan-pertemuan lainnya," ujarnya usai pertemuan.

Secara umum, Palembang yang merupakan ibukota provinsi Sumsel ini dinilainya memiliki potensi besar, khususnya untuk pengembangan industri. Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan investasi seperti apa yang akan mereka jajal di Palembang ke depannya.

"Karena ini pertemuan pertama, kami akan melihat lagi potensi apa yang bisa kita kembangkan. Kalau yang pemerintah Malaysia lakukan terbesar di Indonesia ya baru jalan Cikampek-Palimanan yang baru diresmikan Presiden Jokowi 16 Juni lalu dengan dana sebesar 1 Miliar dollar Amerika," terangnya.

Pertemuan dengan pihak Malaysia ini awalnya dijadwalkan akan dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Palembang H Harnojoyo. Hanya saja, dengan alasan kurang fit, Harnojoyo tidak hadir dan terpaksa digantikan oleh Staf Ahli Walikota. Ketidakhadiran Plt Walikota tersebut rupanya menyulut sedikit kekecewaan Dato Pa.

"Malangnya tak jumpe walikota. Walikota kabarnye sedang sakit, kiranya pertemuan selanjutnya bisa jumpe langsung dengan pak Walikota," tuturnya.

Bersama sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Palembang, Staf Ahli bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi Pemkot Palembang Ir Sudirman Tegoeh yang menerima rombongan menyambut baik rencana investasi dari pihak Malaysia tersebut. Apalagi, dengan transportasi yang semakin mudah antara Palembang dan Kualalumpur, akan semakin memudahkan proses kerjasama dengan Malaysia.

"Dalam sehari kan ada penerbangan sekali sehari antara Palembang dengan Kualalumpur, jelas investasi yang kita gagas ini akan semakin mudah ke depannya," ungkapnya mewakili Plt Walikota Palembang.

Apapun bentuk investasi yang akan dilakukan oleh pihak Malaysia, dikatakan Sudirman akan sebaik mungkin diterima Pemkot Palembang dan mereka pun siap menyediakan hal apapun yang dibutuhkan Pemerintah Malaysia. "Tentunya investasi ini sangat besar pengaruh positifnya bagi warga Palembang, apalagi kan emosional kita satu rumpun Melayu, jelas akan membuat investasi Malaysia di Palembang akan sangat berkembang. Kami nanti kabar baiknya," ucapnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: