» » JERMAN BANTU KELOLA SAMPAH DI PALEMBANG

Sriwijaya Radio, Palembang - Pemerintah Jerman mengirimkan tim KFW yang merupakan perusahaan besar di Jerman ke Kota Palembang dalam rangka studi kooperatif tentang pengelolaan sampah. Pemerintah Jerman mengaku tertarik pada pengelolaan sampah di Kota Palembang dan akan memberikan bantuan teknologi pengelolaan sampah berdasarkan hasil penelitiannya di Palembang. Hal ini disampaikan Mr. Florian sebagai Ketua Tim KFW Jerman saat pertemuan dengan Plt Walikota Palembang, Minggu (7/6).

Dalam pertemuan tersebut, Mr Florian menjelaskan bahwa dirinya bersama tim telah meninjau beberapa lokasi lapangan di Kota Palembang terutama lokasi TPA di Sukawinatan.

“Dari peninjauan tersebut, saya menilai pengelolaan sampah di Kota Palembang sudah sangat baik, sangat wajar jika Palembang mendapat penghargaan Adipura Kencana, tinggal ada beberapa teknologi yang harus ditambah pada TPA Sukawinatan agar semakin baik lagi,” terang Mr. Florian kepada Plt Walikota.

Mr Florian juga menambahkan, melalui study kooperatif atau studi perbandingan yang timnya telah lakukan, maka tim KFW akan merumuskan hasil penelitian yang akan menjadi rekomendasi bagi Pemerintah Kota Palembang maupun Pemerintah Jerman.

“Setelah studi ini, kami akan merumuskan hasil studi dalam bentuk rekomendasi, sehingga diketahui apa yang paling dibutuhkan Palembang dalam penanganan sampah, dan nanti Pemerintah Jerman akan memberikan bantuan langsung kepada Pemerintah Kota Palembang” jelas Mr. Florian.

Plt Walikota Palembang, H. Harnojoyo sangat menanggapi positif kedatangan tim KFW Jerman tersebut. Dirinya berharap, studi yang dilakukan oleh tim KFW dapat menemukan solusi baru dalam penanganan sampah.

“Kami sangat senang atas studi yang dilakukan oleh Tim KFW ini, walaupun Palembang sudah mendapat penghargaan Adipura Kencana, bukan berarti kami puas dan tidak melakukan pengembangan, justru kami akan terus melakukan pengembangan khususnya dalam teknologi pengelolaan sampah sehingga masalah sampah di Palembang akan benar-benar teratasi dengan mendatangkan manfaat kepada masyarakat," terang Harnojoyo.

Sementara itu Kepala Idnas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Agoeng Nugroho mengatakan, TPA sukawinatan ang telah dikunjungi oleh tim KFW merupakan TPA unggulan, bahkan tim KFW beranggapan TPA Sukawinatan merupakan TPA yang paling baik diantara kabupaten/Kota yang lain yang telah dikunjungi tim KFW.

“Kita berharap melui studi kelayakan yang dilakukan oleh tim KFW kita dapat memperoleh keuntungan, KFW akan memberi bantuan dan investasi untuk pengembangan TPA Sukawinatan,” pungkasnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: