» » FLY OVER JAKABARING TERANCAM MOLOR

Sriwijaya Radio, Palembang - Pembangunan Flyover Jakabaring terancam batal selesai November tahun ini jika lahan belum bebas. Pelebaran pagar pembantas jembatan tidak bisa dilebarkan lagi dan tidak bisa melakukan manuver alat berat jika empat persil yang tersisa belum dibebaskan.

Sampai saat ini progres pembebasan lahan belum juga menemukan titik terang setelah berbulan-bulan dilimpahkan ke pengadilan.

" Besok kami akan rapat lagi mendengarkan progres pembebasan lahan sebab sangat mendesak sekali pembebasan lahan ini ," ujar PPK Flyover Jakabaring, Joko Saputro, Kamis (11/6).

Sisa lahan yang belum bebas ini jumlahnya memang tidak banyak tapi karena kondisi persis di sisi pembangunan membuat jalan menyempit. Kalau lahan sudah dibebaskan, maka proses pembangunan bisa lancar karena pagar pembatas proyek bisa dilebarkan. Lahan yang sudah dibebaskan pun bahkan tetap dijadikan lokasi parkir angkot Ampera-Opi dan bajaj.

" Sudah sering dibubarkan parkir angkot dan bajaj itu tapi tetap saja bandel parkir di sana, sehingga membuat jalan sempit ," keluh Joko.

Meski lahan belum bebas namun proses pembangunan jembatan masih dilaksanakan hingga kini. Pembangunan difokuskan pada landasan ujung jembatan yang mengarah ke Jakabaring dengan memasang tiang pondasi (abodemen). Pemasangan masih dilanjutkan dan tersisa tinggal 40 tiang lagi yang belum dipasang.

" Progres pembangunan sudah 57 persen dan progres tahun jamak sudah lebih dari 70 persen ," lanjut Joko.

Selain fokus pemasangan tiang pancang landasan jembatan, pemasangan balok girder pada tiang pancang P5 dan P6. Tiang pancang 5 dan P4 juga terus dikejar pengerjaannya dengan proses pengecoran plat tiang pancang. Kondisi hujan belakangan ini tidak mempengaruhi proses pengerjaan jembatan.

" Apa yang bisa dikerjakan sekarang kita kerjakan selama menunggu pembebasan lahan karna deadline semakin dekat, jadi diharapkan secepatnya lahan bebas dan pembangunan selesai agar bebas macet ," tutup Joko.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: