» » DUPLIKASI MUSI 2 DIUJI DINAMIC LOADING

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) wilayah III Sumatera kembali melakukan uji coba terhadap duplikasi Musi II. Uji coba ketiga yang dilakukan BBJN III melalui Satuan Kerja (Satker) Jalan Metrpolis Palembang ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan getaran dari hammer atau kabel gantung yang menjadi penahan jembatan.

Kepala Satker Non Vertikal Jalan dan Jembatan Metropolis Aidil Fitri mengatakan, hari ini, Kamis (9/4), duplikasi jembatan Musi II kembali diuji untuk memenuhi standar pengerjaan jembatan yang ditetapkan Direktorat Jendral (Dirjen) Pekerjaan Umum (PU).

Untuk pengujiannya, BBJN menunjuk pihak ketiga bernama PT Instruktur Pintar, yang berpengalaman melakukan uji kelayakan suatu bangunan.

"Sesuai standar, kita memang harus melakukan tahapan pengujian jembatan yang sudah selesai dibangun pada 2014 lalu," ujarnya.

Dalam tahapan pengujiannya, pihak pihak instruktur pintar menangkap getaran jembatan dengan menggunakan alat Alat Bridge Diagnostic inc.

Getaran yang ditangkap tersbut, dihasilkan oleh getaran kendaraan dengan muatan sebesar 30 ton, yang akan melewati balok kayu. Sehingga, ayunan jembatan secara vertikal horizontal atau lateral terjadi.

"Sesuai standar, maksmum getaran jembatan 4 mili, yang dihasilkan oleh getaran secara lateral, dan uji cobanya kita lakukan sesuai dengan panjang bentang," jelasnya.

Aidil juga mengatakan, setelah uji coba Dinamik dan Statik ini, uji coba selanjutnya akan dilakukan uji kelayakan fungsi jembatan. Setelah uji coba kelayakan untuk mengaudit keselamatan, barulah akan dilakukan peresmian, dan dapat dibuka untuk umum

"Jadi, tinggal satu kali lagi uji coba untuk mengetahui kekauatan untuk keselamatan pengguna. Barulah jembatan dapat kita buka dan diresmikan," tandasnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: