» » UJI COBA UN CBT DILAKUKAN TAHUN INI

Sumarna dan Devi Emilya
Sriwijaya Radio, Palembang - Tim Verifikator Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, memverifikasi SMP Negeri 1 Palembang, terkait realisasi Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT).
Tim Verifikasi Puspendik, Elly Wismayanti mengatakan, terdapat 10 nominasi sekolah di Kota Palembang yang bisa melaksanakan UN CBT tersebut, yakni SMA Kusuma Bangsa, SMA Xaverius 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 6, SMK Swakarya, SMK Telenika, dan SMPN 1. 
"Namun, yang siap hanya ada 3 sekolah, yakni SMA Kusuma Bangsa, SMA Xaverius 1 dan SMPN 1 Palembang," katanya. Menurutnya, ada beberapa syarat spesifikasi lab ICT, yakni syarat komputer server dan komputer client. Server, berbentuk PC (bukan laptop), RAM 4 GB, Hardisk 250 GB, Operating System Windows 7, dan UPS. Sementara client, bisa berbentuk PC atau laptop, Processor Pentium 4, RAM 512 GB, Operating System Windows XP, Jaringan Internet minimal 1 Mbps, dan Jaringan LAN, dengan pembagian 1 server untuk 20 komputer client.
Diketahui, hanya SMPN 1  yang memenuhi syarat untuk dilaksanakannya UN CBT, diantara sekolah menengah pertama se-kota Palembang. Kepala Sekolah SMPN 1, Devi Emilya memaparkan, pihaknya menyanggupi semua syarat demi realisasi UN CBT. "Kami akan mengusahakan untuk menyediakan 86 komputer untuk 256 siswa," katanya.

Senada dengan Devi, Surmana Kasi Kurikulum Sistem Pengujian Disdikpora Kota Palembang menuturkan, ujicoba UN CBT demi meningkatkan penggunaan teknologi informasi sejak dini. "Selain itu, juga mengurangi pengurangan kertas, dan menggantinya dengan sistem online yang lebih efektif. Tentu saja, ini juga dimaksudkan untuk penekanan global warming," jelas Surmana kepada Tim Sriwijaya Radio.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar



About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama