Header Ads

BERSIHKAN TANAH PROYEK, LIBATKAN DKK & BPBPK

Petugas kebersihan sedang mengeruk tanah
yang menempel di aspal
Sriwijaya Radio, Palembang - Adanya pembangunan mall di kawasan Jalan Radial, menimbulkan dampak lingkungan, yakni banyaknya tanah berceceran di sepanjang jalan Angkatan 45 hingga Jalan Radial, yang berasal dari truk pengangkut tanah proyek. Oleh karena itu, Selasa kemarin (20/1) dilaksanakan pembersihan yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kota Palembang, Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang  dan Dinas Perhubungan Kota Palembang.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Pemadam BPBPK, Jahri mengatakan, pihaknya hanya membantu sesuai dengan tanggung jawab pengusung proyek.
"Kami hanya diminta bantuan, bersama dengan Dinas Kebersihan Kota Palembang, supaya bisa tetap mempertahankan Adipura Kencana," ujarnya. Menurutnya, pembersihan ini mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dengan total 72 ribu kubik air. 
Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pengawasan Operasi Dinas Perhubungan Kota Palembang, Nedy. "Kami hanya membantu pelaksanaan pembersihan jalan, supaya tidak mengganggu jalannya lalu lintas. Ini merupakan tanggung jawab pihak pembangun yang memang meminta bantuan langsung kepada kami," katanya.
Menurut M Tabrani, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Palembang, meski sudah ada perijinan lengkap, namun berdasarkan dokumen AMDAL, semua dampak harus bisa diselesaikan oleh kontraktor. "Kontraktor tetap bertanggung jawab, karena sudah menyangkut kepentingan umum," paparnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar


Diberdayakan oleh Blogger.