Header Ads

Tiga Pesawat Tempur Hawk dan Hercules TNI-AU Singgah di Palembang


SRIWIJAYA RADIO - Ekspedisi Elang Jelajah yang dilakukan Skuadron-1 TNI-AU Pontianak dalam rangka latihan tempur di Provinsi Riau, sempat singgah di Base Ops Lanud Palembang, Kamis (19/9/2013).  

Tiga pesawat tempur jenis Hawk, yakni TL-0113, TT-0229, dan TT-0221 beserta sebuah pesawat pengangkut Hercules A-1320 tersebut, dipimpin langsung oleh Dan Skuadron 1, Letkol Penerbang (PNB) Radar yang mengemudikan pesawat Hawk TL-0113, berkapasitas dua orang.

"Sedangkan pesawat Hawk TT-0221 dipiloti oleh Kapten PNB Habibie dan pesawat TT-0229 dikemudikan Lettu Higa, untuk kedua pesawat tersebut hanya mengangkut satu orang saja," ujar Dan Lanud Palembang, Letkol PNB Ramot Sinaga.

Burung besi buatan Inggris tahun 1999 ini dilengkapi dengan berbagai persenjataan canggih dan mematikan, seperti rudal AGM-65 Maverick, Rudal anti kapal Sea Eagle, Torpedo, serta berbagai macam bom lainnya.

Di Riau, Skuadron-1 TNI-AU Pontianak akan melakukan latihan gabungan dengan Skuadron-12 Pekanbaru menggunakan pesawat tempur yang memiliki kecepatan hingga 1,2 March tersebut.

"Di Palembang hanya transit dan mengisi bahan bakar saja," jelas Ramot Sinaga. (Arie Nugroho)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.