Header Ads

PLN Jamin Pasokan Listrik untuk ISG Aman


SRIWIJAYA RADIO – Pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang Sumatera Selatan dipastikan memerlukan pasokan listrik antara 10 hingga 15 megawatt (MW). Pihak PLN dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memastikan pasokan listrik selama ISG akan aman.

GM PT. PLN (Persero) Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu (WS2JB), Paranai S, usai bertemu Gubernur Alex Noerdin di Griya Agung, Kamis (19/9/2013) mengatakan, kelistrikan ISG ini diharapkan berjalan dengan normal karena pihaknya telah siap dan di kawasan tersebut sudah ada pembangkit listrik dari CNG.

"Pasokan listrik di Jakabaring mencapai 60 megawatt, sedangkan beban di sport centre daerah Jakabaring khusus untukISG ini diperkirakan hanya sekitar 10 hingga 15 megawatt,” ujar Pranai S.

Dia menambahkan dengan pasokan sebesar itu, listrik untuk ISGsangat mencukupi bahkan support dari sistem kelistrikannya sudah cukup baik. Dari 150 KV maupun 70 KV dan sudah punya gardu hubung yang mampu menghimpun jaringan dari gardu-gardu induk untuk masuk ke Jakabaring.

Pihaknya berharap keadaan listrik Sumsel khususnya untuk ISGini tetap berjalan lancar mengingat event ISG adalah event yang mempertaruhkan nama baik Indonesia khususnya Sumsel di mata dunia.

"Sudah di instruksikan oleh gubernur untuk memastikan listrik ini berjalan lancar dan kita upayakan sehingga semuanya sudah siap termasuk mengenai antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan," jelasnya.

Disinggung mengenai apakah ada efek terhadap kawasan sekitar dari penggunaan listrik di Jakabaring, pihaknya mengatakan bahwa event ISG tidak akan berpengaruh pada listrik di daerah sekitarnya mengingat dari 60 MW tersebut kalaupun dipakai secara bergantian- pun masih cukup.

"Malah sebaliknya kalau ISG sudah usai, beban akan turun dan ini akan jadi masalah,” ungkapnya seraya mengaku untuk aitu pihakPLN juga sudah siap antisipasinya.

Menurutnya, secara keseluruhan Sumsel memiliki 600 MW tapi total power mencapai 1650 MW. Untuk WS2JB sebesar 1.200 MW dengan rincian dipakai Sumsel 600 MW, Bengkulu 110 MW, Jambi 200 MW dan sisanya disuplai ke Lampung.

“Secara geografis ini cukup, kalaupun ada gangguan dalam sekian jam sudah bisa diperbaiki,” tegasnya.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan dibandingkan dengan pelaksanaan SEA Games tahun 2011 lalu, pasokan listrik saat pelaksanaan ISG tahun ini lebih baik. “Pada saat SEA Games, kita harus mendatangkan tiga genset besar untuk membantu kebutuhan daya listriknya, sekarang tidak lagi,” ujar Alex Noerdin.

Alex mengakui surplus listrik mencapai 600 MW, dengan angka tersebut Pemprov Sumsel akan dapat membantu menyuplai daya ke daerah-daerah yang masih sering listriknya padam seperti Pagaralam, OKU Selatan dan Empatlawang melalui interkoneksi 600 MW tersebut.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.