Header Ads

Salah Satu Tim Pasangan Calon Bagi-bagi Selebaran


SRIWIJAYA RADIO - Banyak jalan menuju Roma. Begitu istilah itu dipakai oleh tim pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, banyak cara pula ditempuh untuk meraih suara.

Mulai dari bagi-bagi amplop hingga dengan cara yang sederhana yakni membagi-bagikan selebaran program, visi dan misi ke depan maupun hal yang telah dilakukan semasa ia menjabat sebagai pemimpin daerah.

Tujuannya tak lain adalah meyakinkan masyarakat luas untuk percaya bila dirinya adalah sosok yang amanah, konsisten atau mungkin ingin membuktikan bila ia telah menjalankan program dengan baik dan berhasil.

Hal ini lah yang dilakukan oleh salah satu tim sukses pasangan calon. Mereka membagi-bagikan selebaran tentang keberhasilan calon Gubernur semasa ia menjabat Walikota Palembang dua periode.

Di selebaran itu tertulis 'Pembangunan Wisata Air di Pusat Kota', 'Pembangunan Infrastruktur' dan 'Peraih Adipura 6 Kali'. Atau program air bersih yang diklaim telah dinikmati 90 persen warga Palembang. Moda transportasi 'Trans Musi' juga tertera di selebaran tersebut.

Alika warga Perumnas menerima selebaran itu petang tadi (3/9/2013), atau sekitar 14 jam jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU). Baginya secarik kertas berisi program lebih baik ketimbang membagi-bagikan uang kepada masyarakat.

Meski dalam paradigma tertentu, pasangan calon yang membagi-bagikan uang mendapat kesan "serius" untuk memimpin daerah. Dan pada kenyataannya, pasangan calon dianggap miskin saat menggelar kampanye bersih.

"Tapi masyarakat harus diajak cerdas. Calon pemimpin harus membuat masyarakatnya berpikir, menimbang dan memilih atas kesadaran mereka sendiri tanpa ada iming-iming tertentu. Sudah saatnya masyarakat diberi pendidikan politik yang baik dan benar. Bukan malah menawarkan keuntungan sesaat," terangnya.

Mengantisipasi pelanggaran PSU yang akan digelar besok (4/9/2013), sudah menjadi tugas pokok Bawaslu Sumsel. Mereka pun meminta masyarakat melaporkan berbagai bentuk tindak kecurangan melalui pesan singkat elektronik.

Warga di daerah yang menggelar PSU; Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur, dan Kecamatan Warkuk OKU Selatan, diminta untuk melakukan pengawasan partisipatif.

"Dengan mengirimkan pesan singkat di nomor SMS Centre Bawaslu Sumsel 081271008388 bilamana melihat ada politik uang, intimidasi kepada pemilih, kecurangan di TPS, atau hal-hal lain yang bisa mengakibatkan terganggunya proses pemungutan dan penghitungan suara PSU Pilgub Sumsel 4 September 2013," kata Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya melalui BlackBerry Messenger (BBM).



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.