Header Ads

Pelajar Diminta untuk Tidak Coba-coba Narkoba


SRIWIJAYA RADIO - Untuk mencegah penyalagunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di kalangan remaja, anggota satuan Narkoba (Sat Narkoba) Polres Lahat melakukan penyuluhan pada siswa SMPN 10 Lahat, Jumat (27/9/2013). Mereka dihimbau untuk tidak pernah coba-coba, karena sulit melepaskan diri ketika sudah kecanduan.

Penyuluhan yang dilakukan anggota Sat Narkoba Polres Lahat, diikuti seluruh siswa dan guru yang berjumlah sekitar 500 orang. Mereka sangat antusias dan menyimak dengan serius, terutama saat penjelasan jenis narkoba yang marak beredar. Sehingga mereka mengetahui akibatnya, bila sudah bersentuhan dengan narkoba.

Gelak tawa serta canda juga muncul, ketika para siswa diberi tontonan berupa film animasi tentang bahaya narkoba. Namun meski tontonan film kartun, di dalamnya terkandung nilai positif dan menjadi bekal mereka dalam bergaul. Tanya jawab juga spontan terjadi, karena beberapa siswa banyak penasaran mengenai penjelasan yang diperoleh.

Menurut para siswa, pengetahuan mereka mengenai narkoba memang sangat minim. Sehingga dengan adanya penyuluhan tersebut, setidaknya bisa kenal dengan jenis-jenis narkoba termasuk bahaya yang ditimbulkan bila mengkonsumsinya. Sehingga bisa membentengi diri, terutama bila menjumpainya dalam pergaulan sehari-hari.

"Awalnya saya hanya tahu namanya saja, tapi tidak tahu bentuknya seperti apa. Tapi sekarang sudah paham, tadi pak polisi menampilkan contoh narkoba melalui foto," ujar Lastri (15).

Brigadir Syuef anggota Sat Narkoba Polres Lahat yang melakukan penyuluhan menjelaskan, pencegahan di kalangan masyarakat terutama remaja memang menjadi program pihaknya. Baik ke sekolah-sekolah, organisasi, hingga perkumpulan masyarakat lainnya. Sebab penyuluhan seperti itu jauh lebih baik, dari pada penindakan di lapangan seperti yang sudah mereka lakukan hingga saat ini.

"Pengedar dan pengguna narkoba, masih tetap kami buru hingga saat ini. Tapi metode pencegahan dan penyuluhan jauh lebih baik, agar masyarakat sadar konsekuensinya bila berhubungan dengan narkoba," imbuh Syuef.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.