Header Ads

2014, Seluruh Desa di Musirawas Sudah Berlistrik


SRIWIJAYA RADIO - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan tahun 2014 ditargetkan seluruh desa sudah mendapatkan fasilitas penerangan baik dari jaringan PLN maupun memanfaatkan energi matahari.

"Saat ini dari 272 desa di daerah kita masih tersisa 25 desa yang belum berejangkau jaringan listrik. Tahun ini tengah dibangun jaringan listrik pada sebelas desa, sisanya tahun depan," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Musirawas Suhendi, Senin (23/9/2013).

Ia menjelaskan, pembangunan jaringan listrik di wilayah itu menggunakan program proyek listrik desa dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dibiayai APBD Musirawas. Namun ada juga program listrik desa dibiayai APBD Provinsi Sumatra Selatan dimulai 2005, sedangkan untuk sarana kelistrikannya dibangun oleh pihak swasta.

Selain itu, pihaknya juga tetap megupayakan jaringan baru serta pengaliran daya listrik dengan cara membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH). Pemerintah daerah juga mengupayakan membangun jaringan listrik tenaga uap memanfaatkan bahan baku batu bara, dengan membangun jaringan di mulut tambang.

Saat ini sudah ada investor yang akan menanamkan modalnya di sektor listrik dengan membangun turbin di mulut tambang antara lain di Kecamatan Rawas Ilir. Bupati Musirawas Ridwan Mukti mengharapkan seluruh investor yang akan menanamkan modalnya di wilayah itu termasuk sektor kelistrikan, supaya memerhatikan analisis dampak lingkungan.

"Kami banyak menerima keluhan dari masyarakat mengenai adanya limbah dari perusahaan tidak bertanggung jawab yang mencemari wilayah sekitarnya," ujarnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.