» » » Ragit, Makanan Khas Palembang di Bulan Puasa


SRIWIJAYA RADIO - Ragit adalah makanan khas Palembang, yang hanya bisa di jumpai saat bulan puasa. Ragit ini sendiri terdapat dua jenis, yaitu Ragit Gulung dan Ragit Rajut. Cara menyantap Ragit harus dengan kuah kari. Kuah ini disiramkan di atas Ragit.

"Jadi saat di santap sangat terasa gurihnya" kata Nur, pedagang Ragitan di Pasar Beduk kawasan Kuto Palembang.

Selain beda bentuk, harganya juga beda, ragit jenis gulung, dibandrol harga Rp 2.500 per porsi, sementara jenis Rajut di patok harga Rp5 ribu.

Menurut Nur, ragit ini sendiri hanya bisa dinikmati pada bulan puasa saja di Palembang. "Kalau hari biasa sedikit yang menjual, bahkan tidak ada. Hanya jika ada pesanan yang menjual. Tetapi di bulan puasa juga di tempat-tempat tertentu yang menjual," kata Nur lagi.

Karena sulit didapat, makanan ini pun menjadi buruan Warga Palembang yang ingin mencicipi makanan ini. Seperti halnya Erni, warga Perumnas Sako Palembang. 

Dengan menempuh jarak selama satu jam menuju pasar kuto, Erni sengaja melakukannya demi mendapatkan Ragit untuk menu berbuka puasa.

"Karena rasanya yang gurih sehingga dewasa ataupun anak-anak menyukainya" ujar ibu rumah tangga ini. Ia memesan enam porsi ragit.

Selain Erni, banyak warga lain yang ingin mencoba makanan ini. Arif, mahasiswa perguruan tinggi di Sumatera Selatan mengaku, karena tidak tahu makanan Ragit, dia menjadi penasaran untuk mencari makanan ini. "Baru mau coba, katanya sih gurih" jelas Arif.


About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: