» » » Lahat-Pagaralam Berlubang dan Bergelombang


SRIWIJAYA RADIO - Jalur mudik Lahat-Pagaralam mengalami kerusakan cukup parah, akibat aktivitas truk tronton galian C. Sebab tonase yang melebihi ketentuan, menyebabkan badan jalan rusak parah. Beberapa titik terdapat lubang menganga, dan banyak yang sudah bergelombang. Sehingga pengendara harus berhati-hati, agar tidak mengalami kecelakaan.

Dari pantauan, Jumat (26/7/2013), lokasi yang paling parah ada jalan yang ada di wilayah Kecamatan Pulau Pinang. Daerah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kota Lahat tersebut, sangat banyak didapati kerusakan jalan, terutama yang berada dekat dengan Sungai Lematang, akibat hilir mudiknya aktivitas truk tronton galian C yang membawa batu.

Beberapa badan jalan sudah terkelupas, serta terdapat lubang menganga. Bahkan ada yang sudah tidak rata lagi hingga tidak nyaman dilalui, karena permukaan jalan sudah bergelombang. Hal tersebut akibat truk tronton milik perusahaan galian C yang lalu lalang, yang muatannya melebihi tonase kekuatan badan jalan. Seperti di desa Muarasiban, Jati, Karang Dalam, serta Lubuk Sepang.

Menurut warga mereka sudah cukup lama mengeluhkan aktivitas galian C, yang terdapat di desa mereka. Sebab selain bising dan banyak debu, juga menyebabkan jalan rusak parah. Sebab badan jalan tidak mampu menahan beban berat, karena truk tronton yang membawa batu melebihi kapasitas yang ditentukan. Sehingga membuat jalan berlubang, hingga bergelombang cukup parah.

Selain itu truk tronton yang berukuran besar, sering membuat arus lalulintas Lahat-Pagaralam macet. Sebab ukuran kendaraan tersebut cukup besar, sementera lebar jalan kurang dari 7 meter. Sehingga kerap terjadi antrian kendaraan, karena tak bisa mendahului laju truk.

"Jalan bergelombang yang sangat parah, seperti parutan kelapa saja. Lokasi itu sangat rawan terjadi kecelakaan," ujar Man (32).


About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: