Header Ads

Pasokan Sapi ke Palembang Berkurang


SRIWIJAYA RADIO - Pasokan sapi ke Kota Palembang terus berkurang sehingga Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan setempat menambahnya dengan memotong kerbau untuk memenuhi kebutuhan daging warga di kota yang dibelah Sungai Musi itu.

Stok sapi di Palembang yang didatangkan dari kabupaten/kota Sumatera Selatan dan Lampung kini semakin berkurang karena itu rumah potong hewan terpaksa menyembelih kerbau untuk memenuhi kebutuhan daging, kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Palembang, Sudirman Tegoeh, Kamis (27/6/2013).

Menurut dia, sebelumnya kebutuhan sapi bagi warga Palembang dan sejumlah kota/kabupaten terdekat sedikitnya membutuhkan 46 ekor sapi.

Namun, saat ini stok sapi semakin menipis akibatnya kalau tidak segera ditambah dengan kerbau akan kekurangan.

Ia mengatakan, hari ini saja lima ekor kerbau mereka potong untuk mencukupi daging warga kota pempek.

Harga daging kerbau tidak jauh berbeda dengan daging sapi mencapai Rp95.000 per kilogram.
Dia menjelaskan, sampai kini pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan daging sapi yang tak kurang dari 8.000 kilogram per hari.

Berbagai upaya mereka lakukan termasuk meminta tambahan kuota sapi dari Kementerian Pertanian dan mengoptimalkan sapi lokal.

Sementara Sudirman menambahkan, pasokan kerbau mereka datangkan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir di kawasan Pampangan yang selama ini memang banyak berkembang hewan tersebut. Kerbau menjadi penganti daging sapi meskipun peminat sumber protein hewani itu tidak banyak.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.