Header Ads

Hasil Pleno Tetapkan Alex-Ishak Unggul di Muaraenim


SRIWIJAYA RADIO - Dalam rapat pleno terbuka Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaraenim, menetapkan pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumsel nomor urut empat Alex Noerdin–Ishak Mekki (Amin) meraih suara terbanyak dengan 149.684 suara atau 42,20 persen. 

Disusul pasangan dengan nomor urut tiga Herman Deru – Maphilinda Boer (DerMa)  diposisi kedua dengan perolehan 105.868 suara atau 29,86 persen, di KPUD Muaraenim, Selasa (11/6/2013).

Kemudian disusul oleh pasangan dengan nomor urut satu Eddy Santana Putra (ESP) – Anisdja Djuwita Suprayitno alias Wiwit Tatung (WIN) meraih sebanyak 65.386 suara atau 18,44 persen. Dan  terakhir pasangan nomor urut dua Iskandar Hasan – Hafidz Tohir meraih 149.684 suara atau 42,20 persen.

Menurut Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Penghitungan Suara pada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muaraenim, Suprayitno, mengatakan bawah untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Kabupaten Muaraenim tercatat sebanyak 529.979 orang.

Namun demikian, untuk total pemilih atau tingkat partisipasi hanya sebanyak 354.539 atau 66,89 persen dengan  jumlah suara tidak sah sebanyak 6.994 suara. Ini artinya angka Golput di Kabupaten Muaraenim cukup tinggi yakni sebesar 33,11 persen atau sebanyak 175.440 orang yang tercatat dalam DPT tidak menyalurkan hak politiknya.

Adapun penyebab rendahnya tingkat partisipasi masyarakat ini karena beberapa factor seperti kurangnya sosialisasi, sikap apatis masyarakat, rasa percaya masyarakat yang telah hilang terhadap calon pemimpin dan lain-lain.

"Sebelumnya KPUD Kabupaten Muaraenim menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilgub ini minimal sama dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muaraenim Maret 2013, lalu sebesa 68 persen," terang Suprayitno.

Ditambahkan anggota KPUD Kabupaten Muaraenim Bidang Hukum Farijal Akmal, bahwa dari 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Muaraenim, tercatat perolehan suara untuk pasangan Alex – Mekki, hanya kalah di enam Kecamatan saja, yakni Kecamatan Gelumbang, Rambang, Lubai, Lubai Ulu, Kelekar dan Belido Darat, yang didominasi oleh pasangan DerMa. Selebihnya di 19 Kecamatan di raih oleh pasangan Alim.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.