Header Ads

Dinas Sosial Sumsel Bagikan 260 Ribu KPS


SRIWIJAYA RADIO - Dinas Sosial Sumatera Selatan pada awal Juli 2013 mendatang akan membagikan 260 ribu kartu perlindungan sosial atau KPS untuk masyarakat yang termasuk dalam keluarga miskin di lima kabupaten dan kota setempat.

Kelima daerah sasaran pendistribusian KPS itu yakni Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir, kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel MS Sumarwan di Palembang, Selasa kemarin.

Dijelaskannya, jumlah penerima KPS tersebut sesuai dengan data Badan Pusat Statistik hasil Program Perlindungan Sosial (PPLS) pada 2011.

Pemegang kartu tersebut, bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan bantuan program perlindungan sosial seperti beras miskin (raskin) dan bantuan siswa miskin (BSM).

Selain itu juga, keluarga miskin pemegang KPS bisa memanfaatkannya untuk mencairkan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang akan diberikan pemerintah sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang rencananya diterapkan dalam waktu dekat ini, katanya.

Menurutnya, pembagian KPS tersebut diharapkan bisa dilakukan sesuai jadwal yang diterapkan, dan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat yang tergolong dalam keluarga atau rumah tangga sangat miskin (RTSM).

Dengan KPS tersebut diharapkan program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S) dapat dijalankan secara maksimal, serta penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat sebagai kompensasi kenaikan harga BBM dapat lebih tertib dan tepat sasaran, katanya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.