Header Ads

80 Ribu Benih Ikan Ditebar ke Sungai Selabung


SRIWIJAYA RADIO - Lebih kurang 80 ribu benih berbagai jenis ikan ditebar di wilayah Sungai Selabung, yang berlokasi di Kelurahan Batu Belang Jaya Muaradua OKU Selatan belum lama ini. Adapun jenis-jenis benih ikan yang ditebar adalah ikan mas, ikan baung, dan ikan patin.

Kepala dinas perikanan dan peternakan Kabupaten OKU Selatan, Solehien Abuasir SP MSi, melalui kepala bidang perikanan, Ummu Hanny SP, mengatakan, 80 ribu ekor benih ikan yang ditebar merupakan hasil pemijahan yang dilakukan Disnakkan melalui Balai Benih ikan yang ada.

“Setiap tahun kita lakukan penebaran benih. Kita juga menyalurkan benih-benih ke kelompok tani ikan diwilayah OKU Selatan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan,” kata Ummu, Jumat (28/6/2013).

Ummu melanjutkan, penebaran benih ikan yang akan dilakukan Disnakkan tahun 2013 ini direncanakan sebanyak 150 ribu benih ikan yang ada di perairan umum sungai dan danau.

Lokasi penebaran sendiri meliputi perairan Sungai Selabung, Sungai Komering dan Danau Ranau.

“Penebaran benih ikan Sungai Selabung adalah yang pertama. Nanti menyusul diperairan sungai Komering dana Danau Ranau,” katanya.

Penebaran sendiri dilakukan langsung sekretaris Disnakkan Sunardi didampingi kepala bidang perikanan Ummu Hanny SP. Turut dalam kegiatan restocking tersebut perangkat kelurahan batu belang Jaya Kecamatan Muaradua.

Tujuan dari penebaran benih ini, jelas Ummu, untuk mencegah habitat ikan air tawar di perairan umum dari ancaman kepunahan akibat penangkapan sembarang yang dilakukan masyarakat. Penebaran juga dimaksdukan untuk mempertahankan ikan diperairan tersebut tetap tersedia untuk memenuhi kebutuhan ikan di masyarakat.

"Sementara ini, tiga jenis ikan dahulu yang ditebar. Ini sesuai dengan program pusat," pungkasnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.