Header Ads

YPAC Palembang Kekurangan Guru


SRIWIJAYA RADIO- Minimnya guru pendidikan luar biasa (PLB) masih menjadi kendala saat ini pada sekolah luar biasa di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang.

Hal ini berakibat banyaknya guru dari pendidikan umum yang dipekerjakan di YPAC dan tidak memiliki keterampilan (skill) serta kesabaran khusus sehingga kurang mampu dalam menangani anak-anak penyandang cacat.

Jumlah guru PLB pun hanya 30 persen dari keseluruhan guru yang dipekerjakan di YPAC Palembang. Selebihnya merupakan guru dari pendidikan umum.

Salah satu Sekolah Luar Biasa C1 yang berada di pada YPAC ini misalnya dari sebanyak 14 guru, hanya terdapat 3 orang guru pendidikan luar biasa. Sisanya berasal dari sekolah pendidikan guru dan sarjana pendidikan.

Salah seorang wali murid, Asmiana mengungkapkan cara mengajar guru lulusan PLB sangat terlihat berbeda dengan guru yang lulusan pendidikan biasa, sehingga cukup mempengaruhi perkembangan anak.

Sementara pihak sekolah pun saat ini telah melakukan pengembangan dengan menyekolahkan guru umum yang telah mengajar di SLB ini pada kampus guru PLB Bandung. Sehingga setelah lulus dapat memiliki ilmu yang mampu dalam mengajar anak-anak yang memiliki kekurangan fisik ini.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.