Header Ads

Jembatan Sepanjang 40 Meter Ambles


SRIWIJAYA RADIO - Karena dinding penahan talud Sungai Aur ambles, jembatan penghubung sepanjang 40 meter dan lebar 1,5 meter ambles. Bahkan rumah milik Suparyono yang berada di Jalan Angkatan 45 Gang Waspada Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muaraenim terancam ambles juga.

Menurut Suparyono, Selasa (14/5/2013), sebelum jembatan suangai Aur sepanjang 40 meter tersebut amblas, terlebih dahulu dinding penahan air yang berada tepat di belakang rumahnya runtuh dan disusul pagar pembatas rumahnya. Setelah itu pangkal jembatan menjadi terangkat ke permukaan. Kemudian disusul  gudang di belakang rumah dan parabola ikut robo. Kalau ditaksir kerugiannya, bisa mencapai ratusan juta.

"Memang tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil puluhan juta rupiah," ujar PNS di Dinas PU Bina Marga Kabupaten Muaraenim ini.

Hal serupa juga dikatakan oleh Iin (29). Pada saat jembatan ambruk, terdengar suara gemuruh seperti gempa. Ketika dilihat keluar ternyata jembatan penghubung antar kelurahan dan satu rumah tetangganya ikut juga amblas. Penyebabnya diduga karena dinding penahan jembatan tak kuat menahan derasnya dorongan air.

Menurut Ipin (27) warga lainnya, dinding penahan jembatan tersebut memang telah rapuh dimakan usia. Seharusnya  pemerintah daerah dapat memperbaiki atau membangun kembali dinding tersebut yang lebih kokoh sebab arus Sungai Aur sangat deras terutama ketika hujan. Jika tidak cepat ditanggulangi maka tidak menutup kemungkinan akan mengamblaskan puluhan rumah warga yang beridir di sepanjang aliran Sungai Aur tersebut.

Bupati Muaraenim Muzakir Sai Sohar mengatakan, pihaknya akan segera menurunkan tim atau dinas terkait untuk meninjau sekaligus menginventarisir kerusakan yang ditimbulkan akibat ambruknya jembatan di aliran Sungai Aur Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muaraenim tersebut. 

Untuk itu, lanjut Muzakir, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di areal pinggiran sungai untuk lebih berhati-hati. Sebab, di cuaca ekstrim seperti ini, bencana sering datang tidak terduga.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.