Header Ads

PNS Bukanlah Tujuan Seorang Sarjana


SRIWIJAYA RADIO -- Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri), Prof Amzulian meminta sarjana baru lulusan FH Unsri hendaknya jangan bermimpi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena menjadi PNS bukanlah tujuan dari seorang sarjana. Menurutnya, menjadi PNS adalah pilihan terakhir karena seorang sarjana sudah banyak dibekali ilmu dan keterampilan yang sangat dibutuhkan di tempat yang baru.

“Saya meminta lulusan FH Unsri jangan hanya bercita-cita menjadi PNS semata karena PNS bukanlah tujuan dari seorang sarjana,’’ tegas Amzulian saat menyampaikan sambutan pada Yudisium dan Pelantikan Mahasiswa Fakultas Hukum Unsri yang ke-107, di Gedung Serbaguna Pasca Sarjana Unsri, Bukit Besar, Rabu (15/5).

Bagi Amzulian, seorang sarjana harus mampu mengamalkan ilmunya agar bisa bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

 “Tantangan sebenarnya mahasiswa adalah setelah kalian lulus. Saya harapkan lulusan-lulusan baru ini memiliki bekal ilmu memadai serta keterampilan yang sangat dibutuhkan di tempat yang baru,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, hadir Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum dan HAM Provinsi Sumsel, Ardani, Rektor Unsri diwakili Pembantu Rektor I Dr. Anis Saggaf, Dekan Fakultas Hukum Unsri, Prof Amzulian SH LLM PhD, anggota senat, dosen fakultas hukum, dan Dekan Magister Kenotariatan, Zen Zanibar.

Dr. Anis Saggaf dalam sambutannya mengatakan, hukum adalah dinamis. Karenanya seorang sarjana hukum tidak akan kekurangan pekerjaan dan bisa memberikan pencerahan terhadap masyarakat meskipun kerja di pemerintah, swasta ataupun tempat lain.

Untuk itu dia mengimbau, hukum berfungsi sebagai sarana penggerak, maka hukum harus dapat ditegakkan. Sehingga hukum harus diterima sebagai salah satu bagian dari sistem nilai kemasyarakatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

 “Sarjana hukum sejati hendaklah menegakkan kebenaran, katakanlah benar jika benar, dan katakanlah salah jika memang salah,’’ tegasnya.

Yudisium FH Unsri ke-107 sendiri diikuti oleh S1  49 orang dan Notariat S2 1 orang.  Dengan demikian jumlah keseluruhan alumni hukum Unsri setelah Yudisium kemarin  berjumlah 5.969 orang.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.