Header Ads

Pemprov Sumsel Sosialisasikan Kurikulum 2013


SRIWIJAYA RADIO - Dalam upaya kesiapan menyongsong  implementasi pendidikan agama Kurikulum 2013,  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera menyosialisasikannya kepada tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam di Sumatera Selatan.

Sosialisasi dilakukan melalui kegiatan seminar pendidikan yang akan diselenggarakan Pemerintah Sumsel bersama Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Agama Islam (MGMP-PAI) di Graha Bina Praja, Kamis 23 Mei mendatang.

 “Ini program peningkatan kualitas pendidikan yang  akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat. Kami pun menyambut baik program ini dan patut untuk didukung," ujar Asisten Kesra Pemprov Sumsel, Ahmad Najib saat pertemuan dengan MGMP-PAI di ruang rapatnya, Kamis (15/5).

Dikatakan Najib, seminar pendidikan diharapkan dapat memberikan sumbangan positif bagi para pelaku-pelaku pendidikan di Sumatera Selatan guna menjaring pemikiran, ide-ide cemerlang, dan konstruktif komprehensif tentang bagaimana penerapan kurikulum 2013 sesuai dengan budaya daerah.

Ketua kegiatan, Fitriadi mengatakan, seminar tersebut ditujukan kepada masyarakat yang peduli terhadap pendidikan, pengurus MGMP-PAI, dan tenaga-tenaga pengajar sebagai kesiapan pelaksanaan kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan pada bulan  Juni nanti.

“Terkait implementasi Kurikulum 2013, kebingungan juga masih dihadapi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah di berbagai daerah. Jadi, sosialisasi harus dilakukan kepada masyarakat luas, terutama pelaku pendidikan yaitu siswa dan guru agar tidak terjadi salah paham. Oleh sebab itu pemerintah daerah harus segera melaksanakannya untuk mencapai hasil yang maksimal,’’ tegas Fitriadi.

Diketahui Kurikulum 2013 ini merupakan pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengangkat metode tematik integratif. Metode ini mengarah agar anak didik mampu mengobservasi tema pembahasan dari berbagai segi mata pelajaran. Dan hal ini bagi Fitriadi sangat baik bagi siswa sebagai pelaku pendidikan.

Dijelaskan Fitriadi, selain menyosialisasikan kurikulum 2013  mata pelajaran PAI, seminar juga bertujuan untuk menyamakan persepsi kemudian dirumuskan dalam kertas kerja yang akan menjadi rujukan  bagi setiap satuan pendidikan khususnya guru mata pelajaran PAI.

“Seminar pendidikan tersebut akan dihadiri 350 peserta, diharapkan para guru dan instruktur  memiliki persiapan pengajaran yang matang,’’ tegas Fitriadi.



Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.