Header Ads

Pemprov Sumsel Kembangkan Potensi Siswa Lewat Keterampilan Iptek


SRIWIJAYA RADIO - Pengembangan keterampilan siswa sekolah menengah Kejuruan (SMK) dan tenaga pengajarnya saat ini terus menjadi sorotan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam rangka mengapresiasikan bakat, minat, kemampuan dan keterampilan, Balai Latihan Pendidikan Tehnik (BLPT) Sumatera Selatan melaksanakan Pekan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bagi guru dan siswa se Sumatera Selatan.

Pekan IPTEK ini berisikan beragam kegiatan seperti kontes keterampilan untuk Siswa SMK. Sebagaimana pada penyelenggarakan tersebut, seluruh siswa dan guru dari SMK Swasta dan Negeri se Sumsel saling berkompetisi dari aneka lomba bersifat sains dan teknologi dan akan menyuguhkan keterampilan terbaik dari masing-masing anak didiknya.

Hal ini disampaikan langsung oleh staf ahli gubernur bidang Pembangunan, Fazadie Afdanie disela-sela acara setelah membuka resmi pekan IPTEK di BLPT Sumsel, Rabu (1/5) kemarin.

Menurutnya, pekan kreativitas Siswa ini sangat diperlukan, karena dapat merangsang animo para siswa untuk mengekspresikan kemampuan dan keterampilan yang ada dalam diri mereka.

“Sumsel menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan lomba keterampilan bagi siswa SMK se provinsi”, ujar Fazadie.

Dikatakan Fazadie, Pemerintah daerah selalu siap mendukung serta menyediakan wahana pengembangan minat dan bakat bagi para siswa dan guru .

“ Kegiatan pekan IPTEK ini menjadikan pendidikan di sumatera selatan semakin terdepan, ditambah lagi para orang tua murid tidak perlu lagi biaya mahal, karenakan sudah digratiskan pemerintah”, ungkapnya.

Hal selaras juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan prov Sumsel, Drs. Widodo,pada kesempatan yang sama. Ia menyebutkan memang para siswa dan guru SMK di Indonesia selama ini tidak punya ajang mengadu bakat dalam sekala tertentu. Baginya kegiatan seperti diharapkan menjadi agenda tahunan kegiatan pendidikan di Sumsel dan terlebihnya lagi dapat menjadi contoh di Provinsi lain.

“Melalui penyelenggaraan kompetisi ini, pihak sekolah dapat melahirkan cikal bakal generasi yang 
mandiri,terampil, berilmu dan mampu mengangkat harkat dan martabat di daerah dan bangsa”,tutur Widodo.
Selain dibukanya Pekan IPTEK di BLPT kemarin, juga diadakan berbagai macam launching, diantaranya peresmian akademi komunitas, Tempat uji kompetensi, buku, dan mobil pemadam kebakaran buatan siswa SMK yang diresmikan dan di uji langsung oleh gubernur sumsel.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.