Header Ads

Pemkot Palembang Perluas Jaringan Gas Kota


SRIWIJAYA RADIO - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan segera memperluas jaringan gas kota ke sejumlah usaha kecil menengah yang sebelumnya baru melayani rumah tangga.

Manager Badan Pengelola Jaringan Gas Kota PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), Syamsu Bunyamin, Selasa mengatakan perluasan pelanggan gas kota itu sebagai upaya meningkatkan pelayanan guna mendongkrak omzet dari pendapatan penjualan bahan bakar itu.

Namun, perluasan untuk kebutuhan rumah tangga juga tetap mereka lakukan, katanya.

Menurut dia, PT SP2J sebagai salah satu perusahaan daerah milik pemkot setempat sejak tahun 2010 telah mengelola jaringan gas kota.

Kelurahan Lorok Pakjo dan Siring Agung merupakan kawasan yang menjadi percontohan program gas kota secara nasional.

Ia mengatakan, jaringan gas kota ini merupakan salah satu program dari Kementerian ESDM untuk memberikan fasilitas bahan bakar pengganti minyak yang murah dan aman.

Setelah pembangunan jaringan sampai ke rumah tangga, pengelolaan gas kota diserahkan ke PT SP2J.

Dia menjelaskan, 3.655 pelanggan gas kota di Palembang telah menikmati bahan bakar murah pengganti minyak tanah.

Sebanyak 15 unit pelanggan diantaranya adalah usaha kecil menengah yang bergerak di berbagai bidang usaha.

Syamsu menambahkan, saat ini omzet penjualan gas alam itu mencapai Rp230 juta per bulan dengan keuntungan kisaran Rp15 juta.

Karena itu, perluasan sasaran pelanggan jaringan gas kota mereka targetkan ke usaha kecil menengah untuk meningkatkan omzet dan keuntungan.

Sementara Tiwi (25) pengguna gas kota mengatakan sangat diuntungkan dengan pemasangan jaringan gas sampai ke rumahnya karena tarifnya sangat murah.

Dengan gas alam pengeluaran dana untuk bahan bakar hanya sekitar Rp23.000 per bulan sangat murah dibandingkan menggunakan elpiji setidaknya butuh Rp85.000 per bulan atau satu tabung isi 12 kilogram, katanya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.