Header Ads

Alex Noerdin Serap Keluhan Petani Karet Bantu Bibit Unggul dan Pupuk


SRIWIJAYA RADIO - Pemimpin yang teladan adalah pemimpin yang mau menerima keluhan rakyat dan bisa merasakan nasib rakyatnya. Sikap inilah yang dimiliki oleh Calon Gubernur (Cagub) Sumsel nomor urut 4 H Alex Noerdin.

Saat blusukan ke Pasar Gotong Royong Batumarta II Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu (29/5), sambil menyantap kopi hangat bersama warga di salah warung, Alex Noerdin dengan serius mendengarkan keluhan para petani karet. Keluhan itu mengenai rendahnya harga komoditas karet di Sumsel sejak beberapa bulan terakhir sehingga kurang memberikan keuntungan bagi petani karet.

Solihin (41), salah satu petani mengungkapkan, harga karet menurun jauh dari harga biasanya, kini hanya mencapai Rp10 ribu dari biasanya sebesar Rp25ribu per kilo. “Sekarang ini Pak, karet sepertinya tidak punya harga. Saya sebagai petani karet sudah menyerah melihat harga sekarang, tapi mau diapakan lagi, dari pada tidak ada pendapatan,” ungkapnya.

Kepada Cagub Alex, Solihin meminta agar dapat mencarikan solusi untuk mengatasi problem yang kini membelit para petani. Solihin mengaku, alasan ia mengeluh kepada Alex Noerdin karena ia tahu selama ini Alex merupakan pemimpin arif dan merakyat yang mau mendengar dan merasakan kesulitan rakyat.

“Senang sekali bisa bertemu langsung dengan Pak Alex, jadi saya bisa sampaikan keluhan ini. Kalau ke yang lainnya belum tentu saya mau mengatakan ini Pak, karena belum ada yang terbukti bisa menyelesaikan masalah kami. Kalau Bapak sudah terbukti, dengan adanya program berobat dan sekolah gratis yang telah membantu rakyat,” ungkapnya.

“Sebagai rakyat, saya hanya bisa mengadu kepada pemimpin untuk dicarikan jalan keluar. Mungkin Pak Alex bisa bantu petani agar jangan sampai merugi,” tambah dia.

Setelah mendengar keluhan rakyatnya, Alex Noerdin memberikan pemahaman bahwa pemerintah dan petani memang tidak bisa mengontrol harga karet di pasaran. Pasalnya, harga karet ditentukan oleh permintaan dunia. Menurut Alex, harga karet saat ini memang turun, tetapi mulai berangsur naik kembali.

“Setelah saya cek, harga karet sekarang sudah naik meski belum cukup tinggi. Rendahnya harga karet ini tidak akan berlangsung lama, harga karet ini pasti akan naik kembali seperti biasa,” tegasnya.

Yang terpenting saat ini, menurut Alex, bagaimana pemerintah bisa membuat rakyat bisa bertahan dalam situasi seperti ini. Ke depan, dilanjutkan Alex, pemerintah akan memberikan sosialisasi kepada petani dalam pengelolaan produksi dan selama masa tanam sehingga mampu meningkatkan harga jual karet petani di Sumsel. Sosialisasi ini seperti perawatan dan pengelolaan hasil sehingga kualitas produksi petani meningkat. Pemerintah juga akan menyalurkan bibit unggul dan pupuk yang memadai untuk meringankan beban petani.

“Saya merasakan kesusahan petani saat ini, tapi yang terpenting petani harus bisa bertahan meski harga karet tidak menentu. Sesusah-susahnya rakyat di Sumsel tapi tidak sesusah rakyat di daerah lain," jelas Alex.

Di Baturaja ini juga Alex bersilaturrahmi dengan warga Desa Kemelak. Kunjungan sang pelopor pendidikan dan sekolah gratis itu telah ditunggu ratusan warga setempat sejak pagi hari. Mereka berkumpul dengan semangat hanya untuk bertemu dan bersalaman dengan pemimpin yang peduli dengan rakyat itu.

H Abib, tokoh masyarakat setempat mengatakan, H Alex Noerdin-H Ishak Mekki telah berbuat banyak yang meringankan rakyatnya dengan menjalankan program sekolah dan berobat gratis. Oleh karena itu, sudah merupakan kewajiban bagi warga yang ada di Desa Kemelak untuk membantu memenangkan pasangan nomor 4 ini memimpin Sumsel ke depan.

“Kami merasa terpanggil untuk memenangkan Pak Alex dan Pak Ishak dengan harapan bisa kembali melanjutkan program-program prorakyat,” tegasnya.

Alex mengatakan, masyarakat telah melihat pembangunan dan realiasasi program pemerintah selama masa lima tahun terakhir. Dirinya maju kembali pada periode kedua ini melalui pertimbangan yang matang, tak lain bertujuan untuk menggulirkan program yang berpihak kepada rakyat.

“Silakan masyarakat menilai apakah saya hanya berjanji saja atau baru coba-coba seperti calon lainnya yang baru mengobar janji. Tidak usah pakai perasaan, tapi lihat secara fakta apa yang sudah dinikmati selama ini,” ungkap Alex.


Humas Pemprov  Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.