Header Ads

Tahun 2014, PAD Provinsi Sumsel Bertambah 200 Milyar


SRIWIJAYA RADIO - Tahun 2014 mendatang, Pendapatan Asli Daerah (PAD)Provinsi Sumatera Selatan bakal bertambah 200 Milyar rupiah, yang bakal masuk dalam APBD Sumsel 2014. Hal ini terungkap dalam Diskusi Primetopic di Dapur Iga Palembang bersama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumatera Selatan, Senin malam (15/4)

Kepala Dispenda Sumsel Eppy Mirza mengungkapkan penambahan PAD Sumsel tahun 2014 sebesar 200 Milyar berasal dari cukai rokok. "Setelah mendapatkan desakan dari daerah termasuk Sumatera Selatan melalui Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, pemerintah pusat akhirnya menyetujui pembagian bagi hasil dari cukai rokok bagi daerah seluruh Indonesia,” terangnya.

Pembagian PAD dari cukai rokok ini menurut Eppy didasarkan pada jumlah rokok yang beredar di wilayah Sumatera Selatan. "Setelah dihitung diperkirakan pendapatan dari sektor ini mencapai 200 milyar", ujarnya.

Pihaknya juga menambahkan sampai saat masih banyak potensi PAD Sumsel yang seharusnya bisa mendongkrak PAD Sumatera Selatan. Namun, sangat disayangkan hingga saat ini pemerintah pusat belum memberikan kewenangan tersebut kepada daerah seperti disektor pertambangan batubara.

"Bapak Gubernur H. Alex Noerdin dalam suatu kesempatan pernah meminta kepada pusat agar daerah diberi kewenangan lebih banyak, maka pendapatan daerah bisa melejit 10 kali lipat,” tegasnya.

Dengan adanya penambahan PAD sebesar 200 milyar dari bagi hasil cukai rokok yang beredari di Sumsel, diyakini pembangunan di Sumsel juga akan semakin melaju dan berbagai program pembangunan yang telah dicanangkan oleh Gubenur Alex Noerdin dapat berjalan sesuai dengan harapan. “Dengan adanya pembangunan pasti akan membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.