Header Ads

Perencanaan Pembangunan Milik Seluruh Warga


SRIWIJAYA RADIO - Perencanaan pembangunan adalah milik semua warga, bukan hanya punya SKPD. Dengan begitu saat dilaksanakan di lapangan maka hasilnya akan tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Demikian ingat Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin saat membuka  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov Sumsel tahun 2013 di Emporio Ballroom, The Arista Hotel Palembang, Kamis (4/4).

Melalui musyawarah yang akan berlangsung 2 hari tersebut, maka pemerintah akan menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2014 yang bertujuan untuk mempertahankan kesinambungan pembangunan menuju Sumsel yang lebih maju. Rapat antara lain diikuti oleh  Kementrian PPN, Sekda Prov. Sumsel, para asisten, para staf ahli, para staf khusus, kepala SKPD di lingkungan Pemprov. Sumsel, Bupati/Walikota, Ka. BAPPEDA Kab/Kota dan instansi terkait.

‘’Adalah kewajiban kita bersama untuk mengidentifikasikan dan menyuarakan apa yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga sinergis antara perencanaan dan pelaksanaan dapat terus dijaga dan kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan,’’ tegas Gubernur.

Alex menambahkan di sisi lain perencanaan untuk tahun 2014 ini disusun dengan kondisi sudah berakhirnya RPJMD periode 2008-2013 yang merupakan wujud visi dan misi Gubernur bersama Wakil Gubernur yang dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Sumsel 5 tahun mendatang.

‘’Oleh karna itu, di musyawarah ini kita semua akan membahas tentang apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan Sumsel bersama masyarakat pada tahun depan dengan kondisi belum disusunnya RPJMD periode 2013-2018,’’ tandas Gubernur.

Sementara itu, Kepala Bapeda Prov Sumsel Yohanes Toruan mengatakan musyawarah ini dilaksanakan selama 2 hari. “Hari ini dilakukan pembukaan dan dilanjutkan musyawarah oleh Intansi terkait di lingkunggan Pemprov Sumsel dan Kabupaten/Kota yang ada di Prov Sumsel,’’ katanya.

Sedangkan Menteri Dalam Negeri melalui Dr H Harunata MM yang menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementrian Dalam Negeri mengatakan bahwa tema RKPD  adalah memantapkan perekonomian nasional untuk kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan harus diarahkan.

Juga dikatakannya, strategi daerah dalam RKPD 2014 untuk mendukung langkah pembangunan, di antaranya dengan melaksanakan strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi, menciptakan suasana tentram, tertib, dan aman serta mengoptimalkan pemenuhan dasar masyarakat. 

Melalui peningkatan kualitas pelayanan dasar, meningkatkan kinerja pelayanan terpadu, memberi kemudahan bagi para pelaku usaha mikro kecil, menengah dan koperasi, menyelesaikan dan meningkatkan pembangunan infrastruktur, meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan belanja daerah. ”Prioritas sasaran pembangunan daerah dalam RPJPD 2005- 2025 harus dijabarkan dalam RKPD,’’ tambahnya.

Pada sambutan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS yang disampaikan oleh Deputi Meneg PPN/kepala Bappenas Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Ir. Risky Ferianto MA dikatakan bahwa tahun 2014 merupakan tahun akhir RPJMN 2010-2014 RKP 2014 sangat penting untuk memastikan sasaran2 utama RPJMN 2010-2014. 

‘’Tema RKP 2014 merupakan kelanjutan dari dari tema sebelumnya dan sejalan dengan sasaran dan isu kekinian. Sasaran 2014 di antaranya pertumbuhan ekonomi, inflasi, sumberdaya manusia dan lainya yang berpengaruh pada kinerja pembangunan  di Sumsel,’’ tandasnya.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.