Header Ads

Pemkot Bahas Permasalahan Banjir


SRIWIJAYA RADIO - Walikota Palembang, Ir. H. Eddy Santana Putra, MT, yang membuka secara langsung kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) Kota Palembang tahun 2013 dan rencana kerja Pemerintah Kota (pemkot) Palembang  tahun 2014, yang berkelanjutan menuju Palembang kota sehat dan sejahtera pada hari Rabu (20/3) di Hotel Swarna Dwipa mengatakan, dalam program kerja percepatan pembangunan ini, Pemkot Palembang fokus pada masalah kesehatan, pendidikan dan pembangunan infrastruktur  untuk penanggulangan banjir.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Palembang dinilai baik apabila tiga sektor pembangunan utama sudah terpenuhi, yaitu; kesehatan, pendidikan dan perekonomian, khususnya untuk perekonomian yang berkaitan dengan infrastruktur yang bagus, seperti fasilitas umum, jalan, dan penanganan banjir. Eddy menjelaskan musrenbang yang dibahas setiap awal tahun ini guna menyerap aspirasi masyarakat, yang dipadukan dan dibahas untuk rencana program kerja pemerintah kota Palembang, sehingga ke depannya bisa menjadi raperda.

Rencana pengembangan kota Palembang selama ini terkendala pada anggaran yang terbatas, khususnya penanggulangan banjir. Sementara, dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 100 miliar untuk penanggulangan banjir agar infrastruktur dapat berjalan dengan baik. Ia menambahkan dana pembangunan ini harus didukung  APBN dan APBD Provinsi, pihaknya telah mendapatkan bantuan dari Balai Besar Sungai yang angkanya mencapai Rp. 10 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, Syafri Nungcik menambahkan, rancangan kerja terkait usulan APBD dan APBN dari setiap SKPD dan kecamatan akan ditindaklanjuti dalam Musrenbang.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.