Header Ads

Media : Kreatifitas Alex Noerdin Bikin Sumsel Semakin Maju


SRIWIJAYA RADIO - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi seminar pembangunan di Sumsel yang dilakukan oleh forum media Nasional-Jakarta (FMN-J) yang membahas perjalanan pembangunan di mata Pers Nasioanal dan Sumsel. Pemerintah menilai peran media saat ini sangat penting dalam mengawal pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Asisten IV pemprov Sumsel Samuel Khotib pada pembukaan seminar tersebut, kamis (11/04) mengatakan, pemerintah Sumsel menyambut baik penyelenggaraan acara seminar tersebut. Dalam sambutan yang dibacakannya mewakili Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, ia menyampaikan peran media selama ini sangat besar bagi masyarakat dan pemerintah dalam rangka mendorong upaya perbaikan kebijakan.

Ia menyebutkan media sudah melakukan perannya sebagai sarana untuk menjembatani perjalanan pembangunan selama kurang lebih 5 tahun terakhir kepada masyarakat. "Pemerintah sadar betul peran tersebut selama ini sudah dilaksanakan oleh media, baik nasional atau media yang ada di Sumsel," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan reputasi jurnalis yang telah dilakukan selama ini, diharapkan dalam seminar ini pula dapat menghasilkan solusi-solusi yang bermanfaat bagi pemerintah dalam rangka meneruskan pembangunan sumsel dimasa mendatang. "Media sekaligus selama ini juga telah melakukan kritikan-kritikan yang bersifat membangun, sehingga pemerintah lebih baik lagi melakukan  pembangunan," ucapnya.

Seperti diketahui selama 5 tahun ini peran media juga sangat dominan dalam menggiring program sekolah dan berobat gratis menjadi semakin baik. Ia pun menyebutkan media sangat berperan untuk mengkomunikasikan dengan baik maksud dan rencana pemerintah kepada masyarakat. "Demi memajukan pembangunan di sumsel pemerintah siap menigkatkan kualitas sekolah gratis dan berobat gratis pada masa mendatang," katanya dalam seminar bertajuk " 5 tahun sumsel di pers nasional dan sumsel untuk Sumsel Gemilang," oleh forum media nasiona-jakarta (FMN-J) di Hotel Aston Palembang.

Pembicara Jajad Sudrajat dari dewan redaksi Media Indonesia mengatakan, peran yang dilakukan oleh pemerintah sejak dipimpin Alex Noerdin telah melakukan upaya-upaya untuk merefleksi sebuah sejarah kebesaran kerajaan Sriwijaya dalam upaya membangun Sumsel seutuhnya.

Ia menyampaikan, jika belajar dari bagaimana negara  Korea Selatan mampu menjadi sebuah negara yang sangat maju, antara lain karena mereka suka bekerja keras,disiplin, terus berinvestasi,  dan mau berorganisasi untuk pengembangan pembangunan. "Saya melihat di Sumsel akan berperan seperti itu sejak dipimpin Pak Alex, dimana perannya sebagai kepala pemerintahan sangat dominan dalam mengapresiasi sebuah sejarah kepada rencana pembangunan," katanya.

Selain itu memandang belajar dari perkembangan di Korsel tersebut terlihat jelas ada peran budaya dalam sebuah bangsa untuk membangun bangsa itu sendiri, dan tentunya ada pemimpin yang tegas dan berani mengambil keputusan yang luar biasa. "Di Sumsel, saya melihat ada yang bergerak luar biasa di Sumsel, disini ada faktor sejarah yang berkembang di sumsel, hal ini ada keterkaitan sejarah kerajaan Sriwijaya yang sangat dikenal di beberapa abat lalu.

Sebagai contoh lain kita melihat Universitas Sriwijaya yang saat ini berada di urutan ke 9 terbaik di Indonesia, dan disisi lain keberhasilan klub kebanggaan masayarakat yakni Sriwijaya FC yang menjadi Ikon di Sumsel merupakan bentuk bahwa sejarah nama besar kerajaan Sriwijaya telah di adopsi secara baik dalam sebuah semangat untuk membangun Sumsel seutuhnya," Katanya.

Selain itu, ia pun menegaskan keberhasilan Sumsel menyelenggarakan PON pada tahun 2004  dilanjut dengan SEA Games XXVI November 2011 lalu membuat Sumsel saat ini sangat di kenal dan menjadi kiblat bagi provinsi lain di  Sumatera.

Sementara itu, Redpel Majalah Gatra  Herry Mohamad pada kesempatan yang sama mengatakan, Gubernur Sumesl H. Alex Noerdin berhasil melihat masa lalu untuk menatap masa depan. Menurutnya,  pemimpin yang tidak mampu membawa  perubahan, tentunya akan ditinggalkan oleh masyarakatnya.Pemimpin itu harus lebih maju dari masyarakat yang dipimpinya. "Kita melihat dari sisi perubahan pertumbuhan di berbagai sektor yang terjadi di Sumsel, menandakan bahwa pemimpinnya sukses melakukan perubahan," katanya.

Ia menegaskan kemajuan Sumsel itu tidak lepas dari  pemimpinnya yang kreatif. Menurutnya sebagai pemimpin, Alex Noerdin itu sadar betul kalau dirinya itu bertugas untuk melayani rakyatnya bukan malah justru minta dilayani .


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.