Header Ads

Gubernur Alex Noerdin : “Mahasiswa Sumsel Harus Mampu Kuasai Bahasa Asing”


SRIWIJAYA RADIO - Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengingatkan kepada pelajar dan mahasiswa di Sumsel untuk terus meningkatkan prestasi dan kualitas intelektualnya terutama penguasaan bahasa asing sehingga kedepannya mampu bersaing dalam era globalisasi.

"Untuk mahasiswa dan mahasiswi, belajarlah kalian, kuasai bahasa asing, karena dimasa depan persaingan akan semakin berat," imbau Alex kepada mahasiswa Universitas Baturaja saat memberikan kuliah umum untuk civitas akademika Unbara di sanggar kegiatan belajar (UKB) kabupaten OKU, Kamis (11/4).

Alex pun menceritakan perbandingan antara anak di Indonesia dengan negara tetangga seperti Vietnam dan Singapura mengenai rasio anak-anak yang memiliki komputer. "Pesaing kita seperti Vietnam, Singapura dan Malaysia jauh lebih maju. Rasio balita terhadap kepemilikan komputer di Singapura 2 berbanding 3 sedangkan di Indonesia, seperti mahasiswa fakultas teknis informatika  rasionya adalah 3 berbanding 2," kata Alex.

Menurut Alex Noerdin, era globalisasi ini, persaingan lima atau sepuluh tahun ke depan makin berat sehingga jika anak Sumsel tidak mampu berbahasa asing maka berat akan bersaing. "Bagaimana kita bisa bersaing di dunia global ? Salah satu jalan mari bersama-sama bekerja keras, belajar, belajar dan belajar serta kuasai bahasa asing sehingga kalian menjadi sarjana plus sehingga mampu bersaing dengan negara-negara seperti Singapura dan Malaysia," ungkap Alex.

Dijelaskan Alex, bukan hanya mahasiswa yang harus meningkatkan kualitasnya tapi para dosen-dosen pun haruslah memiliki kualitas yang lebih juga. "Tahun 2014 di Unbara katanya tidak boleh lagi ada dosen-dosen yang strata 1. Sekarang saya tantang, dosen-dosen Unbara yang mau melanjutkan ke S2 atau S3 akan kami biayai, syaratnya haruslah di universitas terbaik baik di dalam maupun di luar negeri. Ikutilah tesnya, kalau masuk silahkan memberitahu. Berapun biayanya akan kami tanggung," jelas Alex.

Alex pun mengajak para mahasiswa untuk semangat karena di zaman globalisasi, menambah ilmu sendiri bisa dengan mudah melalui internet. "Mengapa saya selalu memprioritaskan pendidikan? Karena tidak ada satu pun negara maju yang tidak mengusung masalah pendidikan," ucap Alex.

Sementara itu, Dekan Fisip Unbara, Yunizir Djakfar mengatakan prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel di bawah kepemimpinan Alex Noerdin khususnya dibidang pendidikan memang sangat baik. "Sekarang Sumatera Selatan sudah baik tapi akan lebih baik jika kita semua mendukung apa yang menjadi program dari Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin," katanya.

Menurut Yunizir, apa yang telah direncanakan oleh Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin bukanlah hanya sebagai wacana tapi telah konkrit dilaksanakan. "Kita lihat saja apa yang disampaikan tadi oleh pak Alex, telah ada yang terealisasi sehingga kedepannya, kita mempunyai harapan penuh dengan pak Alex Noerdin," ungkapnya.

Pada kegiatan kuliah umum, Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin untuk civitas akademika Unbara, OKU ini, Gubernur memberikan bantuan pembangunan laboratorium bahasa bagi Universitas Baturaja dan satu unit bus.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.