Header Ads

Beasiswa Pemprov Loloskan 3 Siswa SMAN Sumsel ke Universitas Amerika Serikat


SRIWIJAYA RADIO - Prestasi gemilang terus ditorehkan siswa SMA Negeri Sumatera Selatan (Sumsel). Tahun ini, para siswanya kembali lolos tes administrasi untuk masuk di salah satu universitas ternama di Amerika Serikat

Hal ini diungkapkan Ermawati, Principal SMAN Sumsel. Kendati belum mengikuti UN 2013, namun siswanya yang berprestasi sudah masuk dalam kandidat mahasiswa di kampus ternama diluar negeri. Tahun ini, lanjutnya, tercatat tiga siswa sudah lulus administrasi di Universitas Amerika, yang akan diikutsertakan dalam berbagai tes lanjutan, seperti tes TOEFL, SAT (Scoolastic Aptitude Tes) dan lainnya.

"Sejak lulusan pertama, siswa kita sudah tersebar di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) favorit di Indonesia. Bahkan, beberapa siswa kita juga sudah kuliah di universitas luar negeri," tuturnya, Senin (8/4), di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, sejak tahun ajaran 2012-2013, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera sudah menggulirkan dananya untuk pembiayaan sekolah gratis bagi siswa baru SMA Negeri (SMAN) Sumsel hingga tamat sekolah. "Tahun ajaran 2013-2014 nanti, para siswa yang sudah lolos berbagai tahapan seleksi akan mendapatkan beasiswa dari Pemprov Sumsel hingga mereka tamat sekolah," paparnya

Tahun lalu, pemprov memberikan bantuan sekolah gratis kepada 288 siswa SMAN Sumsel. Kendati demikian, mereka tetap akan mencari donatur lainnya untuk pembiayaan sekolah. Karena, apabila semua dibebankan kepada Pemprov Sumsel, akan sangat besar jumlah dananya, sehingga dibutuhkan bapak-bapak angkat lainnya, yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita akan terus mencari donatur dari perusahaan besar untuk membantu pembiayaan pendidikan siswa disini. Karena, siswa kita merupakan seleksi dari siswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu di Sumsel," terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumnsel Widodo mengatakan preatasi itu adalah  wujud nyata dari tekad Gubernur Sumsel H Alex Noerdin untuk mewujudkan kualitas lulusan SMA kelas dunia. 2. Hal itu juga jawaban dan bukan slogan bahwa Program Sekolah Gratis tidak mengesampingkan kualitas tapi demi melindungi anak Sumsel untuk mendapat pendidikan, khususnya anak-anak dari keluarga kurang mampu masuk di sekolah terbaik.

Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.