Header Ads

Alex Noerdin Permudah Petani Lakukan Pekerjaan


SRIWIJAYA RADIO - Perhatian Gubernur Sumsel H Alex Noerdin untuk mempermudah para petani dalam melakukan pekerjaan ternyata begitu tinggi. Hal ini dibuktikan dengan bantuan peralatan pertanian kepada para petani yang ada di Sumatera Selatan.

Menurut Kabid Produksi Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Ilfantria di Acara Diskusi Primetopic, Senin malam di Dapr Iga Palembang, tergambar sampai saat ini sudah ada sekitar 3000 Hand Tractor yang berikan kepada kelompok tani di Sumatera Selatan terutama Banyuasin, Muba dan OKI.

"Dengan adanya pemberian bantuan alat ini pengelolaan lahan persawahan oleh petani semakin terbantu dan dipermudah, terutama bagi jenis persawahan pasang surut yang akan bisa panen dua kali setahun,” katanya.

Ilfantria juga menjelaskan, selain Hand Tractor, Gubernur Sumsel Alex Noerdin melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Pemprov Sumsel juga telah memberikan bantuan mesin pemanen padi atau Power Threser sekitar 22 unit.

"Dengan mesin ini setiap harinya petani bisa memanen seluas 5 hektar", Ujar Ilfantria. Ke depan bantuan-bantuan peralatan pertanian akan terus digalaknya guna menunjang Sumatera Selatan Lumbung Pangan Nasional

Kemudahan lain yang diprogramkan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin bagi petani adalah bantuan sosial  intensifikasi pertanian 2 kali pertahun didaerah pasang surut di Sumatera Selatan.

"Kemudahan dilakukan berupa Subsidi pupuk, Bibit dan Fiberisasi", katanya.Pada tahun ini ada sekitar 2.287 hektar program fiberisasi intensifikasi pertanian panen dua kali di daerah pasang surut dan dikabupaten Banyuasin terluas dengan 1378 Hektar Sawah selebihnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Perluasan fiberisasi kawasan pasang surut terus terjadi peningkatan tiap tahunnya. Pada tahun lalu 2012 di Sumsel hanya 942,25 Hektar. "Intensifikasi Pertanian 2 Kali tanam ini seluruh komponen seperti bibit, pupuk mendapat subsidi,” terangnya.


Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.