Header Ads

Gubernur Alex Noerdin : “Berapapun Biaya Mahasiswa S2 Akan Saya Tanggung”


SRIWIJAYA RADIO - Suasana Selasa pagi, (9/4), di Hotel Swarna Dwipa Palembang tampak lain dari biasanya. Mahasiswa terlihat membanjiri di luar dan di dalam  ruangan ball room. Mereka bukan mau berdemo apalagi melakukan kudeta, tapi mereka ingin mendengar pengetahuan dan pengalaman dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin.  

Tak ada kecanggungan, tak ada ada jarak, dan tak ada strata antara mahasiswa dengan seorang gubernur. Mereka akrab seperti seorang dosen dan mahasiswa pada umumnya. Demikian sekilas pandang suasana Kuliah Umum Civitas Akademika diselenggarakan oleh Universitas Bina Dharma Palembang dengan dosennya  Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Materi kuliah bertemakan pembangunan Sumsel untuk menuju Sumsel Gemilang pun terlihat hidup. Mulai awal pemaparan hingga pada waktu tanya jawab. Terlihat secara jelas semangat generasi muda Bina Dharma ini dalam mendengarkan materi yang disampaikan.

Dengan gayanya yang khas, santai, bersahabat, dan serius namun tetap kharismatik, Alex Noerdin pun menyampaikan paparannya tentang berbagai SDM dan SDA sekaligus kendala dan keberhasilan pembangunan di wilayah Sumsel.

Sementara di sisi lain, para mahasiswa yang terhimpun dalam satu naungan mata kuliah yang berasal dari berbagai program studi, jurusan dan fakultas yang ada di Universitas Bina Dharma pun tampak menyimak tajam setiap kata perkata yang dilontarkan.

Usai menyampaikan materinya sekitar 45 menit, Gubernur pun memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya. Ratusan mahasiswa pun langsung berminat untuk mengajukan berbagai pertanyaan, mulai mahasiswa FKIP Bahasa hingga Fakultas Ekonomi pun mendapatkan giliran.

Berikut jawaban Gubernur dari pertanyaan yang diajukan para mahasiswa Bina Dharma. ‘’Saya amat mendukung setiap mahasiswa asal Bina Dharma untuk melanjutkan jenjang kuliah S2. Berapapun biaya mahasiswa S2 akan saya tanggung. Tapi dengan syarat harus lulus pada Universitas yang terbaik. Jadi, melalui kegiatan ini, saya pribadi mengajak kepada mahasiswa, cepatlah untuk menyudahi kuliahnya dan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. 

Namun itu juga tidak cukup, harus diisi dengan keahlian, setidaknya harus memiliki keterampilan bahasa Inggris dan komputer dan hal ini juga tidak bisa dilakukan biasa-biasa saja,’’ ujar Alex menjawab pertanyaan pertama mahasiswa.

Kemudian untuk Dermaga Tanjung Api Api, jika sudah selesai akan menjadi sebuah tempat sentra meluaskan akses demi menjaga segala bentuk persaingan globalisasi pada era mendatang. ‘’Dan inilah yang menjadi impian untuk memajukan Sumsel nantinya,’’ terang Alex menjawab pertanyaan mahasiswa lainnya.

Mengenai singgungan mahasiswa tentang pencalonan Alex Noerdin di pilkada Jakarta tempo hari,  maka dikatakannya bahwa pencalonannya di Pilkada Gubernur DKI Jakarta karena ada sesuatu yang prinsip dalam penunaian tugas yang diemban pada waktu. 

Dan perlu diketahui, dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, hanya orang di Sumatera yang mampu dan berani untuk maju pada Pilkada di DKI Jakarta.  Meski belum  berhasil, paling tidak nama Palembang dan Sumsel kian dikenal serta tak lagi dipandang sebelah mata oleh daerah lain,’’ tegas Alex.

Mengenai alasannya untuk kembali maju pada perhelatan Pilkada Sumsel Juni nanti, Alex pun mengatakan bahwa hal itu dilakukan atas dasar niat yang baik demi sebuah pengembangan akan amanah kepadanya. 

‘’Dan terlebih lagi perjuangan yang sudah dilakukan itu belum cukup dan harus lebih ditingkatkan kembali, karena apa yang sudah ada ini masih jauh dalam capaian meskipun sedikit banyaknya sudah terlaksana,’’ tandas Alex Noerdin.

Sementara itu, seusai mata kuliah digelar, Prof Dr Waspodo selaku dosen dan mewakili civitas akademik Universitas Bina Dharma saat ditanyai soal kegiatan mata kuliah umum yang baru pertama kalinya diusung itu menuturkan, tujuan adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa apa yang dimiliki oleh Sumsel, sehingga yang dimiliki ini untuk diketahui agar dapat dikembangkan pada masa-masa yang akan datang.  

‘’Pak Alex Noerdin selaku Gubernur Sumsel amat menguasai tentang SDM dan SDA yang ada di Sumsel, sehingga harapan kita mahasiswa akan bertambah dan terbuka wawasannya setelah kuliah umum ini digelar,’’ tegas Waspodo.

Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.