Header Ads

Gubernur Tindaklanjuti Instruksi Presiden


SRIWIJAYA RADIO - Untuk menjaga dan meningkatkan keamanan di masyarakat serta menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Gangguan Keamanan Dalam Negeri Tahun 2013, maka Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin mengikuti rapat bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Iskandar Hasan, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Nugroho Widyotomo, Kajati Sumsel Joni Ginting SH, Ketua Pengadilan Tinggi dan praktisi hukum, M Daming Salusi SH dan Prof Amzulian. Rapat bersama tersebut dilaksanakan di Hotel Novotel Palembang, kemarin malam (25/3).

Dalam sambutannya, Inpres tersebut sejalan dengan telah dikeluarkannya Keputusan Gubernur 285/KPTS/ Ban. Kesbangpol/2013 tanggal 13 Maret 2013 tentang Pembentukan Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri di Prov Sumsel Tahun 2013. ‘’Sebab dengan Inpres dan surat keputusan yang telah dikeluarkan maka dapat dilakukan diteksi dini gangguan keamanan di Sumatera Selatan secara terpadu oleh instansi yang terkait,’’ cetus Alex.

Selain itu, Tim Keamanan Terpadu yang dibentuk juga dapat menggali akar persoalan gangguan keamanan di wilayah Sumatera Selatan, merumuskan langkah-langkah kongkrit penyelesaian gangguan keamanan, dan mempertegas kewenangan setiap instansi dalam penyelesaian gangguan keamanan di wilayah Sumatera Selatan.

‘’Oleh sebab itu, saya berharap Provinsi Sumatera Selatan akan makin kondusif karena keamanan merupakan salah satu elemen penting dalam pelaksanaan pemerintahan di Sumsel. Dan kepada FKPD beserta instansi lain yang terkait agar senantiasa meningkatkan koordinasi dalam menghadapi gangguan keamanan di Sumatera Selatan yang selama ini telah terbina dengan baik,’’ ujar Gubernur.

Di akhir sambutannya, Alex menegaskan bahwa inti pembentukan Tim Terpadu adalah untuk menangani apabila terjadinya gangguan keamanan di dalam negeri. Seperti yang akhir-akhir ini terjadi di beberapa kota dan daerah di Sumatera Selatan.

Yang terpenting adalah peristiwa apapun yang menyebabkan gangguan keamanan tidak terjadi. Sebab kalau sudah terjadi, sulit untuk diperbaiki apapun alasan, bagaimanapun caranya tidak akan pulih kembali seperti semula. Oleh karena itu, bagaimana supaya tidak terjadi. ‘’Apalagi, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, Sumsel adalah salah satuchampion  dari investasi di Indonesia. Kita mendapat anugrah Invesment Award dari Bapak Presiden RI melalui Ketua BKPM,’’ tandas Alex.

Humas Pemprov Sumsel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.