Header Ads

Baru Dua Pemda Buat Laporan


SRIWIJAYA RADIO – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumsel akan melakukan pemeriksaan laporan keuangan kepada seluruh Pemda yang berada di Sumsel. Namun, dari 16 pemda yang akan di audit, baru tercatat dua Pemda yang telah memberikan laporan keuangannya. 

“Pemda diminta jangan sampai terlambat mengirimkan laporannya karena kita akan segera memulai audit. Saat ini yang baru melapor Kota Prabumulih dan Oku Selatan,” ungkap Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel, Novy G A Pelenkahu usai acara serah terima jabatan Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel di Kantor BPK RI Perwakilan Sumsel, kemarin.

Pihaknya sendiri meminta kepada setiap Pemda untuk menyerahkan laporan tersebut hingga akir maret ini. Namun, menurut pendapatnya, sejauh ini semua Pemda yang ada di Sumsel memang sudah taat kepada peraturan yang ada. “Jangan sampai telat menyerahkan laporan, untuk Sumsel semuanya taat dan tepat dan sebagian besar akan menyampaikan semua,” ujarnya.

Menurut Novy, Laporan Keuangan Daerah di Sumsel memang sudah tergolong baik. Saat ini, 12 Pemda sudah mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan 4 lainnya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “ Harapan kita kedepan akan jauh lebih baik lagi,”tegasnya.

Hingga saat ini, hasil audit yang telah dilakukan pihaknya sudah berjalan dengan baik. Pasalnya, rekomendasi yang diberikan oleh pihak BPK sudah dapat dilaksanakan oleh Pemda. “Komunikasi sudah berjalan baik dan disana kita kasih rekomendasi dan dalamkurun waktu dua kali setahun kami diskusikan,” katanya.

Perbaikan transparansi dan akuntabilitas LKPD diharapkan tidak dilakukan secara instan. Saat ini kebanyakan rekomendasi memang kebanyakan instan. “ Kita minta juga bantuan kepala BPKP agara setiap SKPD melakukan control risiko utuk dicapai pengendalian internal Pemda yang baik,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menhimbau, untuk setiap kabupaten/kota yang ada di Sumsel agar memberikanlaporan keuangan dengan tepat waktu atau target yang telah ditetapkan. “Itu sangat penting untuk mengetahui kinerja laporan keuangan mereka,” ucapnya.

Laporan keuangan yang ada di Pemda Sumsel, lanjut Alex , memiliki tren yang cukup baik setiap tahunnya. Untuk itu, ia berharap dapat terus dipertahankan atau bisalebih ditingkatkan lagi. “ Kita akan terus menggiring daerah-daerah agar mereka terus meningkatkan opini keuangan daerahnya,” kata Alex.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.