Header Ads

Puluhan Ekor Pari Mobula Terdampar di Pantai Gaza


SRIWIJAYA RADIO - Puluhan ekor ikan pari mobula secara misterius terdampar di pantai Gaza City, Rabu (27/2/2013). Terdamparnya puluhan ikan pari itu menjadi rezeki tersendiri bagi para nelayan yang langsung membawa ikan-ikan itu ke pasar.

Ini adalah kali pertama pari mobula terlihat di pantai Gaza City sejak enam tahun terakhir, berdasarkan sebuah laporan video setempat yang menunjukkan para nelayan tengah memeriksa ikan-ikan pari malang itu.

Pari mobula sangat mirip dengan ikan pari yang lebih banyak terlihat yaitu pari manta yang memang satu keluarga. Pari mobula dewasa bisa mencapai panjang 5 meter dengan berat bisa mencapai 75 kg.

Bob Rubin, seorang pakar ikan pari dari Universitas Santa Rosa di California memberikan pendapatnya soal terdamparnya puluhan ekor pari mobula di Gaza.

"Pari mobula biasa bepergian dalam kelompok besar bisa mencapai ratusan ekor. Mereka juga suka melompat dari dalam air. Sangat memukai," kata Rubin.

"Kondisi ini sangat aneh dan saya belum pernah mendapati hal seperti ini. Saya lama bekerja di Teluk California yang banyak dihuni pari mobula namun saya tak pernah melihat "terdampar massal" seperti ini," tambah Rubin.

"Suara-suara di dalam air atau sinyal elektrik mungkin bisa menyebankan diorientasi namun itu hanya perkiraan saja," Rubin menegaskan.


                                      

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.