Header Ads

China Naikkan Harga BBM, Minyak Mentah Memanas



SRIWIJAYA RADIO - Harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) kembali mencapai level tertinggi dalam dua hari. Harga minyak kembali memanas setelah China menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi China mengatakan harga bensin di China akan naik 300 yuan atau sekira USD 48 per metrik ton. Sedangkan solar naik 290 yuan per ton saat ini. 

Dilansir dari Bloomberg, Senin (25/2/2013), WTI untuk pengiriman April berada di USD93,08 per barel atau turun 5 sen. Harga kontrak WTI tersebut naik menjadi USD93,13 pada 22 Februari atau tertinggi sejak 20 Februari. Volume WTI 17 persen di bawah rata-rata 100-hari.

Sementara minyak Brent untuk penyelesaian April turun 17 sen menjadi USD113,93 per barel di Futures yang berbasis di London ICE Europe. 

"Iran masih menjadi produsen besar minyak dan memiliki potensi besar pada pasokan minyak internasional," ungkap analis utama CMC Markets Ric Spooner.

Presiden Irak Mahmoed Ahmadinejad  dalam pidatonya 23 Februari lalu menyebut pendapatan negaranya turun dari ekspor minyak karena sanksi dunia atas pengembangan nuklirnya. Penemuan terbaru dari sumber daya uranium di Iran menyatakan bahwa cadangannya naik tiga kali lipat menjadi 4.400 ton.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.