Header Ads

KPw BI Prov Sumsel,Temu Responden Dan Seminar Motivasi 2019’Bersama Motivator Merry Riana’

Sriwijaya Radio - Kamis (31/10), bertempat di Grand Ball Room Hotel Aryaduta Palembang, BI Provinsi Sumsel kembali menggelar kegiatan “Temu Responden dan Seminar Motivasi 2019”. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Perwakilan BI Sumsel, Ibu Yunita Resmi Sari dan diikuti tidak kurang dari 450 orang peserta yang terdiri dari responden dan surveyor berbagai survei dan liaison yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumsel. Kegiatan ini selain bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap para responden yang telah membantu kelancaran survei dan liaison yang dilakukan BI, juga dalam upaya untuk semakin mempererat tali silaturahmi serta kebersamaan yang selama ini telah terjalin antara keluarga besar BI dengan para responden dan juga surveyor di berbagai sektor ekonomi.
Sebagai bank sentral, BI mempunyai tujuan tunggal yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut, BI melakukan 3 tugas yaitu (1) menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, (2) mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta (3) menjaga stabilitas sistem keuangan. Dalam pelaksanaan tugas tersebut, diperlukan dukungan data dan informasi yang bersumber dari Bapak/Ibu sekalian melalui survei, liaison, pelaporan, dan penyampaian data sehingga peran dari responden dalam setiap survei-survei yang dilakukan oleh BI menjadi sangat vital.
Beberapa survei yang rutin dilakukan oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumsel, diantaranya: Survei Kegiatan Dunia Usaha; Survei Harga Properti Residensial; Survei Perkembangan Properti Komersial; Survei Konsumen; Survei Penjualan Eceran; Survei Pemantauan Harga; dan Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis. Data yang diperoleh berdasarkan hasil survei tersebut dimanfaatkan untuk mendukung berbagai pengambilan kebijakan dan juga program kerja BI, diantaranya adalah kegiatan pengendalian inflasi dengan memanfaatkan data hasil Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis & survei pemantauan harga yang dilakukan secara harian, mingguan serta bulanan. 
Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumbel menambahkan bahwa data hasil survei konsumen yang dilakukan secara bulanan, digunakan BI dalam melakukan proyeksi atas ekspektasi inflasi dan kondisi usaha 6 (enam) bulan kedepan, hasil proyeksi inilah yang menjadi salah satu indikator dalam melakukan proyesi atas pertumbuhan ekonomi ke depan, “sehingga terlihat sekali bagaimana data yang telah Bapak/Ibu sampaikan kepada BI menjadi masukan penting bagi kami dalam merumuskan kebijakan yang tepat sasaran untuk terus menjaga dan mendorong pertumbuhan ekonomi kita berada di jalur yang positif”, Yunita Resmi Sari juga menyampaikan bahwa data dan informasi yang baik dan akurat akan mendukung perumusan kebijakan yang semakin efektif dan tepat sasaran.
Selain data hasil survei, BI juga rutin melakukan kegiatan Liaison dalam rangka melengkapi informasi yang mungkin belum tercermin dari survei-survei yang dilakukan. Liaison di lakukan secara rutin melalui kegiatan wawancara secara mendalam terhadap sejumlah kegiatan usaha di berbagai sektor ekonomi, hal ini dilakukan untuk melihat kondisi dunia usaha juga dalam rangka melakukan proyeksi pertumbuhan ekonomi. 
Data serta informasi yang terkumpul selain digunakan untuk kepentingan internal BI, juga dapat digunakan bagi keperluan publikasi di luar BI. Kegiatan publikasi ini dilakukan baik dalam bentuk Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah (SEKDA) maupun Laporan Perekonomian Provinsi yang dapat diakses secara bebas melalui website BI. “Besar harapan kami, publikasi tersebut dapat menjadi salah satu masukan bagi pihak terkait, baik Pemerintah Daerah dalam hal merumuskan kebijakan ekonomi daerah, maupun rekan-rekan pelaku usaha dalam melakukan proyeksi bagi usahanya ke depan” sambung Kepala BI Provinsi Sumsel.
Selain menyampaikan nominasi terbaik bagi responden survei dan liaison, pertemuan ini dilanjutkan dengan pelaksanaan seminar motivasi yang disampaikan langsung oleh narasumber terkenal, Merry Riana, yang dikenal luas melalui karya tulis bukunya yang menjadi best seller dengan judul “Mimpi Sejuta Dollar”. Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata kehidupan seorang Merry Riana dari yang semula hanya mahasiswa dengan utang yang banyak untuk biaya pendidikannya, hingga akhirnya mampu mandiri secara finansial di usia nya yang belum genap 30 tahun saat itu. “
Semangat dan daya juang yang dimiliki seorang Merry Riana saya rasa sangat mewakili harapan dan doa saya bagi seluruh peserta yang hadir dalam acara ini, ditengah kondisi ekonomi global yang masih tidak menentu hingga saat ini, BI masih memiliki keyakinan besar bahwa ekonomi kita akan terus tumbuh positif dan mampu menjadi bangsa yang mandiri. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran serta para pelaku usaha baik korporasi maupun individual dalam menggerakkan roda perekonomian kita. Untuk itu saya terus berharap, semangat, daya juang, dan juga inovasi tidak boleh berhenti, BI yakin koordinasi dan sinergi dari kita semua akan menjadi kunci perbaikan ekonomi ke depan” jelas Yunita Resmi Sari. 
Sebelum menutup sambutan, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumsel menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh responden, dan sebagai bentuk penghargaan, BI telah menominasikan 5 responden terbaik dalam 5 kategori survei. Adapun pemenang akan diumumkan dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia yang insyaAllah akan diselenggarakan di awal Desember 2019. (Cek Pie)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.