Header Ads

GULO PUAN MAKANAN MEWAH PARA BANGSAWAN PALEMBANG

Ada yang tau Gulo Puan? Jawabnya ada yang iya bisa juga tidak, maklum gulo puan ini memang salah satu makanan langka di Palembang, penjual dan pembuatnya juga sangat sedikit, bahkan untuk mendapatkan gulo puan ini harus menunggu hari jumat, dan membelinya dikawasan Masjid Agung Palembang. Sebenarnya gulo dalam bahasa Palembang berarti gula, sedangkan puan artinya susu, jadi gulo puan adalah gula susu. Dinamakan gulo puan karena makanan yang sangat manis ini terbuat dari bahan gula dan susu kerbau saja. Dimasak berbentuk karamel, rasanya sangat nikmat, bisa dijadikan campuran atau olesan roti, bisa juga sebagai campuran untuk membuat kue delapan jam.

Gulo puan merupakan makanan yang sangat istimewa dijaman Kesultanan Palembang Darussalam, istimewa dikarenakan bahan dari makanan ini sangat mahal, bayangkan untuk bahan susu, tidak bisa menggunakan susu sapi, karena harus menggunakan susu kerbau rawa.

Karena menggunakan bahan yang mahal, jadi wajar saja bila gulo puan ini jugo harganya mahal di pasaran, untuk sekilo gulo puan bisa berkisar antara harga 150 sampe 175 ribu rupiah.

Pembuat gulo puan tidak ada di Palembang, tetapi bisa kita jumpai di Desa Pulo Layang, Pangpangan , Kabupaten Ogan Komering Ilir, desa yang terletak di tengah rawa inilah satu-satunya tempat produksi gulo puan di Sumsel.

Info berbagai sumber
Diberdayakan oleh Blogger.