» » VETERAN MENANGIS MELIHAT GENERASI MUDA

SriwiPurn RoberSiagim, Palembang - Puluhan veteran Sumsel mengikuti Peringatan Hari Veteran di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (10/8).

Tampak memimpin upacara peringatan, Kabag Kesbangpol Sumsel Richard, Ketua DPD Legiun Veteran RI (LVRI) Sumsel Marsekal Pertama TNI (Purn) Ir Robert Siagian MM. Sementara Kirab Veteran Nasional disambut langsung oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.

Robert mengatakan, saat ini sudah ada 80 persen veteran yang sudah terdata dan akan diberangkatkan umroh, jumlahnya sekitar 400 veteran. Setiap tahunnya, Pemprov Sumsel memberangkatkan sekitar 40-an veteran ke tanah suci.

"Sementara sisanya akan terus kami data, bekerjasama dengan DPC Veteran RI dan Kesbangpol Provinsi Sumsel," katanya.

Tercatat, sudah terdata lebih dari 1000 veteran di DPD Sumsel yang membawahi 13 DPC, sementara di DPC Kota Palembang sudah terdata sebanyak 150 veteran.

"Dan untuk yang belum terdata sebagai veteran, kami menyarankan untuk segera melapor ke DPC masing-masing, dengan membawa bukti piagam atau bukti lain sebagai pejuang," jelas pembela kemerdekaan yang pada tahun 1970-an bertugas di Timor Timur ini.

Veteran yang terdata, berhak mendapatkan tunjangan veteran sebesar Rp 1,5 juta, namun jika veteran pensiunan hanya mendapatkan setengah dari tunjangan tersebut. Selain itu, para veteran juga berhak atas dana kehormatan sebesar Rp 750 ribu setiap bulannya.

Dikatakan Robert, generasi muda harus mengetahui besarnya jasa para veteran, yang sudah memerdekakan negara ini.

"Kami sedih melihat generasi muda yang tidak mengetahui peringatan hari veteran tahun 1965, ulang tahun veteran tahun 1957. Generasi muda saat ini malah banyak terlibat narkoba, free sex, dan sebagainya," ujar Robert.

Sementara, Kabag Kesbangpol Provinsi Sumsel, Richard mengatakan, Pemprov Sumsel menganggarkan dana sebesar Rp 200 juta untuk menopang program DPD Veteran Sumsel selama tahun 2015.

"Dan kami berharap bisa mengupayakan untuk memberangkatkan umroh semua veteran yang terdata dan belum melaksanakan umroh. Bersyukur, Gubernur Sumsel sangat mengapresiasi program ini," paparnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

Pemotongan tumpeng
Ir Purn Robert Siagian

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: