» » FLS2N DIBUKA DENGAN LUKISAN PASIR

Sriwijaya Radio, Palembang – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke-8 tahun 2015, diselenggarakan di Kota Palembang, mulai tanggal 23- 29 Agustus 2015. Festival tahunan ini dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, di PSCC,  Senin (24/8). Menteri beserta jajaran Pemprov Sumsel seperti Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo, disuguhi dengan tarian pembuka ajang nasional ini, diiringi dengan pelukis pasir yang mampu memukau seluruh peserta dan undangan yang memenuhi Hall of PSCC tersebut.

                Ajang ini diikuti oleh 2.619 siswa-siswi SD, SMP dan PKLK Dikdas, dan SMA/ SMK dan PKLK Dikmen, dengan total 4.154 orang yang terdiri dari panitia pusat, panitia daerah, juri dan asisten, Pembina dan  pendamping.

                Lomba- lomba yang diselenggarakan untuk tingkat SD  yakni Menyanyi solo, Tari Kreasi Baru, Pidato Bahasa Indonesia, Membuat Gambar Bercerita, Keterampilan menganyam dan Pantomim. Tingkat SMP yakni Lomba Vokal Grup, Festival Tari Tradisional, Festival Musik Tradisional, Seni Baca Al-Qur’an, Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia, Kreativitas Cerita Berbahasa Inggris, Baca Puisi dan Desain Poster. Tingkap PKLK yakni Lomba Menyanyi Solo SDLB, Melukis, Cipta dan Baca Puisi , MTQ, Memainkan Alat Musik Modern, Menari, Merias Wajah dan Kuku, serta Desain Grafis.

                 Lomba untuk tingkat SMA yakni Menyanyi Solo, Tari Berpasangan, Baca Puisi, Desain Poster, Seni Kriya, Film Pendek dan Cipta Puisi. Dan lomba untuk tingkat SMK yakni Tari Tradisional, Teater Berbahasa Indonesia, Musik Daerah / Karawitan , Musik / Band, dan Musik Gitar Klasik Tunggal.

                Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas siswa-siswi se-Indonesia. “Jadi bukan hanya pelajaran wajibnya saja yang dikuasi, ilmu seni juga tak kalah penting, sebagai bentuk kreatifitas siswa. Seni juga bisa menjadi daya tarik, untuk melihat masa depan. Hargai seni, hargai kreatifitas yang dihasilkan,” paparnya seusai membuka acara.

                Ajang ini sendiri akan diselenggarakan di beberapa lokasi, seperti SMAN 1, SMKN 2, SMKN 7, SLB Pembina, Taman Purbakala, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro dan lokasi lainnya.

                Siswa-siswi peraih predikat juara, nantinya berhak mendapatkan sertifikat, piala bergilir, medali dan beasiswa prestasi. Smenetara peraih juara di beberapa lomba tertentu, akan diikutsertakan di ajang internasional diantaranya International Cultural Celesta di India untuk jenjang SMP, International Festival Art and Culture (IFAC) di Tokyo Jepang untuk tingkat SMA.

Reporter : Cek Rul

Editor : Cek Mar

               

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: