» » 5.088 CJH SUMSEL SIAP BERANGKAT KE TANAH SUCI

Sriwijaya Radio, Palembang - Puluhan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi Palembang Tahun 1436 Hijriah dilantik di Auditorium Bina Praja Provinsi Sumsel, Selasa (11/8), oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Direktorat Jenderal Kementrian Agama RI, didampingi Kakanwil Kemenag Sumsel H Hambali dan Manager Food & Beverage Saudi Airlines, Yasser.

Seusai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi Palembang Tahun 1436 Hijriah, Gubernur Sumsel Alex Noerdin memberikan arahan dan nasihat kepada para panitia.

"Tugas berat Anda semua sudah didepan mata. Bukan hanya untuk mengawal semua Calon Jemaah Haji (CJH) Sumsel di tanah suci, namun juga memastikan agar semua CJH sudah memiliki persiapan fisik, mental dan perlengkapan guna melaksanakan ibadah haji, serta menjamin mereka hingga kembali ke kesini," ujar Alex Noerdin.

Senada dengan Gubernur, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumsel juga memberikan peringatan, hendaknya CJH menjaga kesehatan sebelum dan selama beribadah.

"Jangan lupa banyak minum air putih dan zam-zam, makan buah-buahan yang membantu cairan tubuh tapi jangan buah tertentu seperti anggur, serta menjaga kesehatan dengan makan yang cukup. Apalagi suhu di tanah suci saat ini sudah mencapai 40 derajat celcius," papar Hambali.

Tercatat, sudah sebanyak 5.088 CJH Sumsel yang siap berangkat ke tanah suci, sementara dari Provinsi Bangka Belitung ada 730 orang CJH, dengan CJH cadangan sebanyak 111 orang. 

Nantinya, CJH akan dibagi dalam 14 kloter, dan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Saudi Airlines, sesuai dengan ditetapkan oleh Kemenag RI.

Selain itu, Hambali juga mengingatkan, untuk CJH wanita, agar selalu ditemani mahramnya.

"Sudah ada kasus pelecehan seksual di tahun-tahun sebelumnya, sehingga CJH wanita harus dijaga lebih baik lagi. Di Madinah, toilet berada beberapa lantai di bawah tanah, sehingga mahram harus mendampingi," tutur Hambali mengingatkan.

Sementara, masih kata Hambali, visa yang sudah siap baru sebanyak 3.710 CJH per hari ini.

"Sisanya akan diselesaikan sesegera mungkin," tegasnya.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: