» » PROGRAM SEJUTA RUMAH, BTN SIAP SALURKAN KREDIT

Sriwijaya Radio, Palembang – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk siap menyalurkan pembiayaan untuk program sejuta rumah bagi pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Palembang hingga Rp 450 miliar.

Branch Manager BTN Kantor Cabang Palembang, M. Adrian Syahbandi, mengatakan pihaknya memang sedang menyasar pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah.

“Selain untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), program itu juga ditujukan kepada PNS yang belum memiliki rumah dan masuk dalam kriteria program,” katanya, Kamis (2/7).

Dia mengatakan perseroan menargetkan dapat menyalurkan kredit untuk rumah bersubsidi itu sebanyak 4.500 unit bagi PNS di Pemkot Palembang, adapun jumlah pegawai di kantor pemerintah itu mencapai 14.000 PNS.

Adrian menegaskan pihaknya optimistis fasilitas pembiayaan itu dapat cepat diserap oleh PNS karena memiliki banyak kemudahan yang diberikan, terutama terkait suku bunga dan uang muka.

“Untuk program ini suku bunga yang dipatok hanya 5% dengan uang muka 1% dan jangka waktunya bisa mencapai hingga 20 tahun,” ujarnya.

Untuk mempercepat realisasi penyerapan, selain menyambangi 17 kabupaten/kota di Sumsel, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi)selaku developer untuk perumahan MBR tersebut.

“Kami tidak menemukan banyak kendala karena kami memperkuat koordinasi dengan penyuplai rumah, yaitu REI dan Apersi),” katanya.

BTN Cabang Palembang sendiri menargetkan bisa membiayai kredit untuk 12.000 unit rumah di seluruh Sumsel, namun hingga kini realisasinya baru mencapai 3.000 unit.

Pembiayaan rumah MBR itu mendominasi portofolio produk kredit perumahan rakyat (KPR) perseroan di Palembang di mana mencapai sekitar 80% -- 85%.

Sementara itu, Plt Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan pihaknya menyambut baik tawaran BTN untuk menyalurkan pembiayaan kepada PNS yang ingin memiliki rumah dari program sejuta rumah tersebut.

“Kalau bisa nanti akan diperkuat dengan penandatanganan MoU antara pemkot dan BTN terkait pembiayaan ini,” katanya.

Menurut dia, program tersebut cocok untuk PNS golongan 2 dan sudah memenuhi persyaratan, seperti belum punya rumah.

Pemkot sendiri akan mendukung pengembangan rumah murah di Palembang dengan berbagai cara, salah satunya mempercepat infrastruktur dan akses menuju lokasi perumahan. Harnojoyo mengemukakan, ketersediaan lahan untuk pengembangan rumah murah di kota itu masih terbuka luas.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: