» » REVITALISASI PASAR 16 ILIR SEGERA DIKEBUT

Sriwijaya Radio, Palembang – PT Ganda Prima akan melakukan renovasi secara keseluruhan pasar yang menjadi icon kota Palembang yang terletak di bantaran Sungai Musi.
Pasar 16 Ilir yang terkesan kurang terawat hampir menyeluruh disetiap lantai bangunan tersebut akan berubah wajah dalam waktu satu tahun mendatang.
Pimpinan PT Ganda Prima, Febrianto mengatakan  sistem kerja  sama operasional (KSO) akan dilakukan selama  20 tahun kedepan dengan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang sebagai pemilik Pasar tertua di kota Palembang ini.
"Iya, nanti di sana (Pasar 16 Ilir) akan kita renovasi. Rencananya pasar tradisional tersebut akan kita revitalisasi secara lebih modern, “ jelasnya, Kamis (7/5) saat disambangi Tim Sriwijaya Radio di Ampera Convention Centre.
Renovasi secara menyeluruh akan dititik beratkan di lantai 4 hingga lantai 5 bangunan Pasar 16 tersebut.
Masih kata Febrianto, tidak hanya melakukan renovasi saja, sejumlah fasilitas pendukung seperti lift dan eskalator pun akan dipersiapkan untuk kenyaman pedagang dan pengunjung.
“Pengerjaan renovsi hanya menunggu persetujuan Pemkot Palembang dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.
Menurut Febri, ada tiga tahapan yang perlu di lakukan renovasi pasar tersebut, mulai dari lantai paling teratas hingga lantai bawah tanah (basement) yang kerap banjir pada saat musim hujan datang.
“Yang paling atas yang perlu secepatnya untuk diperbaiki, karena di bagian plafon dan dinding dan penghalang hujan rusak parah,” katanya.
Untuk banjir dilantai dasar, tidak kalah penting untuk segera ditangulangi, dengan menyiapan beberapa pompa dia menjamin banjir tidak akan terjadi lagi.
“Karena sudah 20 tahun pasar 16 Ilir tidak mendapat sentuhan, instalasi listrik perlu dilakukan instalasi secara menyeluruh dari setiap lantai, guna menghindari arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran,” katanya.
Selama pengerjaan yang akan dilakukan dalam watu dekat ini, pihaknya menjamin tidak akan mengganggu aktifitas jual beli didalam pasar. Pihaknya menyebutkan, terdapat 2.275 pedagang yang menempati dari lantai dasar hingga lantai 3.
”Nanti pedagang akan kita tata sebaik mungkin, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di koridor jalan,”jelasnya.
Meski akan dilakukan renovasi secara menyeluruh, sewa kios pedagang pun, tidak akan diberatkan dengan harga yang tinggi.
“Harga tidak mahal, kita jamin. Harga mahal itu kalau sudah tersentuh calo,”jelasnya.
Untuk pengerjaan sendiri, mulai dari KSO hingga perawatan gedung (maintenance), pihaknya akan mengelontorkan dana yang terbilang tidak sedikit.
“Total keseluruhan diperkirakan mencapai Rp 25 Miliar,”tutupnya.
Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama