» » RIZKA HANDAYANI IKUTI UN DENGAN SOAL BRAILLE

Sriwijaya Radio, Palembang - Rizka Handayani (17), satu-satunya siswi SLBA Tunanetra  yang mengikuti Ujian Nasional dengan soal huruf Braille.

Kepala Sekolah SMA SLBA Tunanetra, Suwardi menuturkan, tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian kali ini.

"Meski cuma 1 orang, soal huruf Braille yang dikirimkan juga tidak mengalami masalah," kata Suwardi.

Rizka sendiri terlihat santai mengerjakan 50 soal Bahasa Indonesia dalam waktu 120 menit, dihadapan dua orang pengawas di ruang khusus ujian, Senin (13/4).

Tercatat, pelaksanaan Ujian Nasional dengan sistem CBT sudah di lakukan di 5 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, 1 Sekolah Menengah Kejuruan Swasta, dan  1 sekolah menengah pertama , yakni SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMA Xaverius 1, dan SMPN 1 Palembang.

Di SMK Swakarya yang berlokasi di Jalan Sosial Km. 5 Palembang, sebanyak 238 siswa mengikuti UN dengan sistem CBT. Pihak sekolah menyiapkan 110 komputer yang terbagi dalam 3 lokal kelas, dimana 15 diantaranya adalah laptop.

Meski baru saja diverifikasi lolos untuk UN CBT Jumat kemarin, namun pelaksanaan UN tidak menemui hambatan di hari pertama ini. Hal ini dituturkan Kepala Sekolah SMK Swakarya, Lukman HZ.

"Selain itu, pihak sekolah menyediakan ganset, untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman lampu oleh PLN," katanya.

Di sisi lain, untuk anak berkebutuhan khusus di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Palembang, juga dilaksanakan Ujian Nasional. Sebanyak 3 orang siswa-siswi mengikuti UN hari ini, dari kategori Tunarungu Wicara atau SLB-B, yakni Muhammad Saipi, Dini Adawiyah, dan Elisa.

"Ini merupakan ujian pertama yang kita lakukan. Sebelumnya, siswa-siswi ini sudah kita latih dengan les tambahan, supaya memudahkan mereka dalam mengikuti ujian ini," papar Lega Raharja, Kepala Sekolah SLB-B kepada Tim Sriwijaya Radio.

Reporter : Cek Rul
Editor : Cek Mar

Rizka Handayani sedang membaca soal menggunakan jarinya

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: