» » MANFAAT BUAH GANDARIA

Di Indonesia buah gandaria memiliki daerah penyebaran yang sempit, yakni di Pulau Sumatera, sebagian Jawa, Maluku, Kalimantan dan Papua (Anonimus, 2006). Buah gandaria matang dapat dimakan langsung sebagai buah segar, sedangkan buah mentah dapat dibuat sambal, rujak atau untuk lalapan. Secara ekonomis gandaria memiliki nilai penting karena penjualan buah ini dapat meningkatkan ekonomi keluarga.
Tanaman Gandaria berupa pohon dengan ketinggian hingga 27 m dengan tajuk rapat. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudia berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua. Perbungaannya malai, muncul di ketiak daun, Buahnya bertipe buah batu, berbentuk agak bulat, berdiameter 2,5-5 cm, berwarna kuning sampai jingga, daging buahnya mengeluarkan cairan kental; buahnya tidak berbulu, rasanya asam sampai manis, dengan bau yang khas agak mendekati bau terpentin. Keping biji berwarna lembayung.
Buah gandaria biasasa dibuat sebagai rujak dan olahan sambal gandaria. Buahnya berasa kecut-manis dan jika mau bisa dimakan langsung. Buah Gandaria bentuknya bulat kecil mirip kelereng. Biji buah gandaria warnanya Ungu. Selain bisa digunakan untuk makanan rujak, buah gandaria terasa segar jika di buat jus. Kandungan air yang kaya pada buah ini membuat jus gandaria menyegarkan dahaga kita.
Kandungan nutrisi pada buah gandaria
Buah Gandaria sendiri memilik kandungan nutrisi yang cukup kompleks. Olahan yang bisa di buat dari buah ini selain untuk rujak, bisa juga di buat asinan, bahkan manfaat buah gandaria ini bisa dibuat olahan bumbu masakan. Kandungan yang kaya dari buah ini adalah air, vitamin C, dan seratnya. Itu membuatnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita.
Nutrisi buah gandaria per 100 gram :
Air
86,6 g
Protein
40 mg
Lemak
20 mg
karbohidrat
11,3 g
Serat
150 mg
Niacin
0,5 mg
Vitamin C
100 mg
Calcium
9 mg
Fosfor
4 mg
Zat besi
0,3 mg
Beta karotin
23 mg
Thiamine
0,11 mg
Riboflavin
0,05 mg
Bersumber dari divisi nutrisi departemen kesehatan
Dari berbagai kandungan nutrisi yang kompleks dari buah ini, banyak manfaatnya untuk kesehatan kita seperti:
1. Kesehatan Kulit
Kandungan manfaat vitamin C dalam buah ini cukup banyak, bahkan buah ini tergolong memiliki kandungan vitamin C yang paling banyak. Hal itu cukup baik dalam membantu pembentukan jaringan kolagen yang menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan betakaroten yang ada dalam buah ini memberikan vitamin yang baik untuk kulit. Serta kandungan air yang banyak, akan senantiasa membantu melembabkan kulit, sehingga kesehatan kulit kita akan tetap terjaga.
2. Mempercepat Penyembuhan Luka
Selain pembentukan kolagen, manfaat buah gandaria ini turut membantu metabolisme protein. Kandungan yang kaya akan vitamin C dan protein akan membuat stimulus regenerasi sel-sel dalam tubuh. Sehingga itu akan cepat membantu proses penyembuhan luka di dalam tubuh, seperti juga yang ditemui pada :
3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan air yang kaya pada buah ini turut membantu proses penyerapan zat besi lebih efektif dilakukan. Manfaat air yang ditunjang dengan kandungan zat besi yang terdapat pada buah ini, akan meningkatkan ketahanan tubuh kita terhadap infeksi kuman ataupun virus yang menyerang tubuh.
4. Mencegah Kanker
Kandungan air hingga 86,6 g tergolong cukup tinggi dan baik untuk sistem pencernaan kita. Selain itu, ditambah lagi kandungan serat yang banyak membuat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses penyerapan makanan lebih cepat dan lancar. Hal itu baik untuk mencegah terjadinya endapan yang menyebabkan kanker di dalam saluran pencernaan.
Penelitian :
Studi yang telah dilakukan kepada responden wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 26 g serat dalam sehari memiliki resiko terkena kanker lebih kecil 25 % di banding yang kurang serat. Kandungan serat dalam buah ini cukup banyak dan membantu tubuh untuk mencegah resiko kanker.
5. Mengatasi Sariawan
Sariawan terjadi salah satunya akibat kekurangan vitamin C. konsumsi vitamin C yang di butuhkan tubuh akan membantu proses penyembuhan sariawan. Manfaat buah-buahan yang mengandung vitamin C, juga turut membantu menyembuhkan gusi berdarah. Kebutuhan vitamin C untuk tubuh dalam sehari adalah 60 mg. Buah gandaria memiliki kandungan vitamin C lebih dari 60 mg, yang cukup baik untuk membantu kita menyembuhkan sariawan.
6. Melancarkan Peredaran Darah
Perlu kita ketahui bahwa tubuh kita ini 55%-nya terdiri atas air. Tubuh kita sangat membutuhkan air dengan jumlah banyak. Darah dalam tubuh kita saja 82%-nya terdiri dari air. Darah kita membutuhkan air untuk menjaga kekentalan dalam sistem peredaran darah. Buah gandaria memiliki kandungan air yang banyak seperti halnya manfaat buah naga. Meminum jus buah gandaria memberikan asupan air yang baik bagi peredaran darah kita menjadi lebih lancar.
7. Menjaga Fungsi Otak
Selain darah yang membutuhkan air, otak juga membutuhkan air untuk menjaga fungsinya dengan baik. Perlu diketahui bahwa 70% otak kita terdiri dari air. Dengan memberikan asupan air yang cukup akan menjaga fungsi otak, berjalan dengan baik
8. Menjaga Fungsi Paru-paru
Organ tubuh lainnya yang sangat membutuhkan asupan air yang cukup adalah paru-paru. Fungsinya memang untuk sistem pernafasan, namun 90% dari komposisi paru-paru adalah air. Manfaat buah gandaria ini memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga fungsi paru-paru.
9. Menetralisir Racun
Terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga fungsi organ kita. Fungsi air lainnya yang cukup penting adalah membantu mengatur suhu tubuh kita dengan proses keluarnya keringat. Hal itu baik untuk membersihkan kotoran dan racun tubuh. Selain itu air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu proses reabsorpsi lebih cepat. sehingga urin dapat mengeluarkan limbah tubuh dengan baik.
10. Mengatasi susah BAB
Kandungan air dan serat yang tinggi pada buah gandaria membantu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Air dan serat tersebut membantu proses penyerapan menjadi lebih lancar dan cepat. Selain buah gandaria, masalah susah BAB ini bisa diatasi dengan :
11. Membantu Program Diet
Perlu kita ketahui bahwa serat mampu membantu menurunkan berat badan. Apalagi kandungan serat dalam buah ini lebih banyak ketimbang kandungan lemaknya. Sehingga efek yang di hasilkan akan lebih banyak dipengaruhi oleh kandungan seratnya. Selain itu, kecukupan serat dalam tubuh turut membantu membuat perasaan kenyang lebih lama, seperti yang juga terdapat manfaat apel yang banyak dikonsumsi saat menjalani program diet.
12. Mengurangi Resiko Stroke
Dari berbagai hasil studi yang dilakukan, ditemukan bahwa serat dapat mengikat kolesterol dan membuangnya bersama feses. Kandungan serat hingga 150 mg dalam buah ini akan membantu mengikat kolesterol lebih efektif. Sehingga minimnya kadar kolesterol yang telah diikat, baik bagi kesehatan untuk  mengurangi resiko stroke.
13. Kesehatan Jantung
Hasil penelitian yang dipublikasikan American Journal of clinical nutrition September 1999 menemukan bahwa serat merupakan penangkal yang baik untuk melawan penyakit jantung. Penelitian tersebut menambahkan bahwa dengan memenuhi kebutuhan serat 26 g per hari mencegah resiko penyakit jantung 40% lebih rendah. Tidak ada salahnya mengkonsumsi buah yang kaya akan serat ini, sehingga akan membantu kita terhindar dari penyakit jantung.
14. Mencegah Resiko Diabetes
Studi lain yang dilakukan American medical association 12 februari tahun 1997 menyatakan bahwa fungsi serat lainnya adalah untuk mencegah resiko diabetes. Jenis serat yang dikonsumsi yakni serat larut dalam air seperti buah gandaria, dapat membantu memperbaiki kondisi dari penderita diabetes, serta mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.
15. Kesehatan mata
Kandungan lainnya dalam buah gandaria yang memiliki manfaat bagi kesehatan kita adalah kandungan beta karoten. Dimana nutrisi tersebut berguna untuk menjaga kesehatan mata kita. Karena beta karoten merupakan nutrisi yang cepat berubah menjadi manfaat vitamin A yang diserap oleh tubuh. Kita tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata.

Buah gandaria memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, hampir 110 mg. padahal konsumsi vitamin C yang melebihi dari kebutuhan 60 mg yang diperlukan tubuh akan memperberat kerja organ ginjal dan hati kita. Untuk mengatasinya, adalah dengan membuat gandaria menjadi jus buah yang segar untuk diminum. Menempatkan vitamin C dalam suhu yang dingin dapat merusak kandungan dengan mengurangi kadarnya. Selain itu vitamin C juga cepat larut di dalam air. Oleh karena itu, dengan membuatnya menjadi jus buah segar akan mereduksi kandungan vitamin C dalam buah gandaria ketika di konsumsi oleh tubuh. Sehingga asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh tetap proporsional sesuai kebutuhan tubuh kita.

Info : berbagai sumber

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama