» » JEMBATAN KERTAPATI


SRIWIJAYARADIO. Jembatan Kertapati, jembatan ini lebih tua umurnya dari pada jembatan Ampera, jembatan ini di bangun pada tahun 1939 oleh Belanda, dengan menggunakan data setoran pajak petani karet sebesar satu gulden.  Jembatan melengkung kokoh ini di bangun oleh arsitek Belanda bernama Berkenbosch, dan dinamakan sama dengan ratu belanda yaitu jembatan Wihelmina.  Jembatan dengan panjang 202,5 meter dan panjang 6 meter ini berstruktur beton bertulang,benteng jembatan lebih pendek,dengan atas melengkung.

Meski masih sangat kokoh karena dibangun dengan baik, tetap saja sebagai antisipasi, pemerintah membangun jembatan baru, dengan demikian jembatan Kertapati ini bebannya bisa sedikit berkurang.

Ternyata kabarnya arsiterk Belanda Berkenbosch, bukan hanya membangun jembatan kertapati saja, tetapi juga membangun jembatan dengan model yang sama di daerahLahat,Sekayu, baturaja dan beberapa daerah lainnya di Sumsel.


 info  : berbagai sumber

About Radio Sriwijaya

94.3 Sriwijaya Radio - Jalan Seduduk Putih 1, No 41A, 8 Ilir Palembang - Sumatera Selatan (30114) Indonesia - Telpon : 0711-825943 - 818188
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama